Catatan Akhir Perkuliahan Semester Genap 2020 Prodi Agroteknologi

Setelah kegiatan belajar mengajar disemester genap 2020 berakhir, Mahasiswa dan Dosen Agroteknologi Universitas Darussalam Gontor, mengadakan family gathering.

Family Gathering Program Studi Agroteknologi 2020

Acara ini dilaksanakan pada Ahad 30/3 yaitu H-3 menjelang ujian akhir semester. Ada hal yang menarik dari family gathering kali ini, yaitu makanan yang dihidangkan pada acara merupakan buah karya dari mahasiswa. Awalnya sempat pesimis untuk memasak sendiri, akan tetapi situasi penyebaran pandemi covid-19 yang mengakibatkan banyak tutup pengusaha chatering, akhirnya Mahasiswa Agroteknologi menerima challenge tersebut. Wah,,, benar benar menantang ya…. Penasaran bagaimana mereka mengubah laboratorium menjadi Dapur? Yuk simak ulasan berikut.

Tim dapur memulai dengan mendata bahan makanan dan bumbu dapur yang akan dibeli. Menu yang dipilih adalah ayam kari, sayur kangkung, lele goreng beserta lalapan dan sambal terasi. Sembari menunggu anggota lain menyiapkan dan membersihkan laboratorium untuk diubah menjadi dapur. Setelah belanjaan datang beberapa anggota yang sudah ditugaskan langsung mengolah bahan tersebut. Ada yang memasak ayam, membuat sambal, meracik bumbu kari dan lainnya. Bak perlombaan Chef yang ada di stasiun TV, kami juga berlomba mengejar waktu agar cepat selesai sebelum acara dimulai.

Persiapan Mahasiswa di Laboratorium

Acara dimulai pukul 14.05 WIB diawali oleh sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Al-Ustadz Haris Setyaningrum, M.Sc. “Kehidupan kita saat ini untuk dunia pertanian masih minim dibandingkan negara-negara maju lainnya, seperti Jepang. Di negara tersebut pertanian cukup maju apalagi kita saat ini sedang mendapat cobaan dari Allah swt berupa wabah virus corona yang membuat perekonomian Indonesia menurun, bahkan bahan makanan ditempat kita khususnya semakin berkurang. Kini secara nyata pertanian menjadi sangat penting. Jauh sebelum bidang ilmu lain lahir, pertanian telah menjadi ilmu yang terus berkembang bahkan hingga saat ini. Pertanian sampai kapan-pun akan selalu dibutuhkan”, Pungkasnya.

Sambutan Dekan Fakultas Sains Dan Teknologi

Di akhir acara beberapa mahasiswa mendapatkan penghargaan dari Bapak dan Ibu Dosen atas prestasi yang telah didapat dari perjuangan masing-masing. “Tidak ada prestasi yang tidak dihargai“, ungkap pembimbing kemahasiswaan Ustadzah Niken Trisnaningrum S.P,.M.Si. Seusai pemberian hadiah, mulailah acara ramah tamah dengan hidangan yang disediakan Tim Dapur Agroteknologi. Harap-harap cemas semoga rasanya yang tidak mengecewakan.

Pemberian Penghargaan kepada mahasiswa
Penghargaan kepada dosen tertib administrasi

Acara yang sederhana ini bertujuan untuk saling menguatkan ukuhwah Islamiyah. Satu semester ini cukup sibuk dengan kegiatan dan acara-acara kampus sehingga dengan kebersamaan ini bisa membuat keluarga besar Agroteknologi UNIDA Gontor bisa saling menyayangi dan mengingat antara satu sama lain dimanapun dan kapanpun. Terkhusus sebelum mahasiswa kembali pulang ke rumah masing-masing dapat mengambil semua hikmah dari semua pelajaran yang ditempuh pada satu semester ke belakang dan menambah semangat untuk semester berikutnya. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan rutin setiap semester seperti ini bisa menjadikan kesan tersendiri bagi mahasiswa ataupun dosen yang tak akan terlupa bahwasanya kekeluargaan adalah sebuah kebersamaan yang dijalin melalui sebuah ukhwah yang terus dipupuk dan dijaga.

Berita Terkait : Kerja Kemah Mahasiswa Agroteknologi Di Wisata Lokal Dam Ponorogo