AUDIT MUTU INTERNAL PRODI AGROTEKNOLOGI UNIDA GONTOR TAHUN 2021

AGROTEK UNIDA GONTOR – Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, program studi Agroteknologi mengadakan Audit Mutu Internal. Audit Mutu Internal dilakukan di kantor Program Studi Agroteknologi pada hari Selasa, 09 Februari 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen, tendik, staf Program Studi Agroteknologi beserta tim Audit Mutu Internal. Acara dibuka oleh sambutan Al Ustadz Use Etica S.P., M.MA dan dilanjutkan dengan pemaparan umum Program Studi. Setelah pemaparan umum program studi, acara di serahkan ke tim Audit Mutu Internal yang terdiri dari Utadzah Dian Budi Andriani, S.Fill. I., M. Ag dari Program Studi Aqidah Filsafat Islam dan Ustadzh Eka Rostanti, S.ST., M.Si. dari Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Proses Audit Mutu Internal

Audit Mutu Internal dilaksanakan dengan cara tanya jawab antara tim Audit dan Dosen Agroteknologi, membahas tentang strategi pencapaian, sasaran, kerja sama, mahasiswa, SDM, pembiayaan, sarana, pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, luaran, dll. Dalam bidang penelitian, dosen memiliki peran penting untuk melibatkan mahasiswa yang berperan di dalamnya.

Penjelasan lebih lanjut adalah Roadmap Pengembangan SDM Prodi Agroteknologi Unida Gontor 2021-2025. Untuk saat ini Prodi Agroteknologi mempunyai 10 Dosen, 1 Staf Administrasi dan 1 Staf Laboratorium. 3 Dosen non Asisten Ahli (AA), 7 Dosen berkepangkatan Asisiten Ahli (AA), 1 Dosen melanjutkan S3, sedangkan Dosen ter sertifikasi berjumlah 3 Dosen. Pada tahun 2021 diharapkan Dosen berkepangkatan Lektor 4 Dosen dan 6 Doesn Asisten Ahli, selanjutnya Dosen yang melanjutkan ke jenjang S3 adalah 2 Dosen, sedangkan Dosen ter sertifikasi berjumlah 6 Dosen. Selanjutnya pada tahun 2022 sampai 2025 Prodi Agroteknologi mempunyai 4 Dosen Doktor, 3 Lektor Kepala, 7 Lektor, 2 Asisten Ahli dan terakhir semua Dosen ter sertifikasi. Lebih lanjut bisa lihat di gambar di bawah ini.

Roadmap Pengembangan SDM

Penjelasan Roadmap penelitian Dosen Agroteknologi pada saat ini lebih ditekankan pada penelitian dasar seperti eksplorasi dan identifikasi serta analisis usaha tani. Pada tahun 2022 penelitian Dosen agroteknologi lebih ke arah pengujian produk di laboratorium, selanjutnya pada tahun 2023 penelitian Dosen Agroteknologi dilanjutkan pada pengujian lapangan. Pada tahun 2024-2025 penelitian Dosen Agroteknologi sudah berbentuk produk dari hasil penelitian tersebut. Ringkasan bisa di lihat pada gambar lihat di bawah ini;

Roadmap Penelitian Dosen Agroteknologi

Pembahasan dalam bidang pengabdian masyarakat untuk saat ini adalah pengembangan desa Mojorejo dengan demplot pisang raja dan rumah bamboe. Pada tahun 2025 Prodi Agroteknologi mempunyai Desa binaan yang mengembangkan usaha pertanian dan UMKM.

Roadmap Pengabdian Masyarakat

Bidang publikasi Dosen Agroteknologi pada saat ini tercatat pada dokumen Scopus berjumlah 15 artikel (Q2 = 2 artikel, Q3 = 5 artikel, Q4 = 8 artikel) dan Google Scholar berjumlah 75 artikel (S2 – S6).

Evaluasi secara umum Audit Mutu Internal ini, terdapat data-data yang masih belum lengkap dan belum sesuai kriteria. Selain itu, terdapat kesalahpahaman dalam format penilaian (dari BPM) Badan Pen jaminan Mutu yang perlu diperbaiki.

Penulis : Vonda (Staf Agroteknologi, Unida Gontor)