Potensi Bahan – Bahan Alami Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Penggeseran Pola Makan Akibat Perkembangan Zaman

Salah satu dampak negatif perkembangan zaman yang begitu pesat saat ini adalah adanya pergeseran pola makan. Dari pola makan yang seimbang dan alami menjadi pola makan yang monoton dan serba instan, sehingga kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan semakin meningkat.Jenis makanan cepat saji menjadi pilihan utama menu sehari-hari oleh lebih banyak lagi warga masyarakat. Adapun ciri-ciri makanan cepat saji adalah lebih praktis, harga sangat bervariasi , mengandalkan kekuatan rasa yang banyak berasal dari bumbu-bumbu masak buatan pabrik, mempunyai kandungan lemak yang tinggi, bahkan banyak yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar dan dipadukan dengan aneka rasa sambal.

Dampak Penggeseran Pola Makan

Perubahan jenis makanan pilihan masyarakat perkotaan yang sibuk itu ternyata membawa konsekuensi meningkatnya kejadian penyakit degenerasi, sehingga kejadian penyakit ini dari waktu ke waktu terus meningkat utamanya penyakit pembuluh darah akibat tingginya kandungan kolestrol darah yang sampai mengubah struktur pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung, stroke; selain itu penyakit degenerasi juga berupa kejadian penyakit gula maupun meningkatnya asam urat tubuh yang banyak menyerang masyarakat bahkan sering menimbulkan kematian.

Bahan Alami Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Sekarang mulai muncul kesadaran dari masyarakat untuk menggunakan bahan –bahan alami untuk mengatasi gangguan / penyakit degenerasi itu. Bahan-bahan alami yang mempunyai potensi sebagai obat untuk menurunkan kadar kolestrol tubuh antara antara lain adalah bawang putih, belimbing wuluh, mentimun, salak, melon, waluh, kecambah, sirih merah, undur-undur, pacing, daun katu yang dikonsumsi dengan berbagai variasi dosis pada setiap bahannya dengan berbagai kandungan zat yang berbeda-beda pada kebanyakan bahan itu untuk menurunkan kadar kolestrol darah.

Penulis : Solikah Ana Estikomah, Dosen farmasi unida gontor http://farmasi.unida.gontor.ac.id/

Editor : Muhammad

Artikel terkait : Pohon Mimba: Manfa’at dan Kegunaan Bagi Tanaman