Berbagi Ilmu Perbanyakan Tanaman Hias di Pondok Pesantren Gontor Putri 2 Mantingan

Pengabdian masyarakat merupakan komponen tri dhrama perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh akademisi Universitas Darussalam Gontor. Pengabdian masyarakat mencakup semua penyaluran hasil penelitian bidang iptek dan seni yang dilaksanakan oleh civitas akademik Universitas Darussalam Gontor secara individu maupun berkelompok dalam satu unit kepakaran. Salah satu bidang bidang yang menjadi perhatian program studi Agroteknologi UNIDA adalah bagaimana menyalurkan hasil iptek di bidang pertanian agar lebih mudah dipahami, diaplikasikan dan diterapkan khalayak ramai. Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat dosen Agroteknologi adalah santriwati KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Mantingan. Dosen yang memberikan materi pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Alfu Laila, M.Sc, Haris Setyaningrum, M.Sc dan Mahmudah Hamawi, MP. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Desember 2018 di aula Gontor Putri 2 Mantingan.

Materi yang diajarkan untuk santriwati adalah tentang pembuatan minigarden dan perbanyakan tanaman hias. Sebelum pembuatan mini garden, santriwati belajar tentang jenis-jenis tanaman hias. Hal ini diperlukan supaya santriwati memahami jenis tanaman hias yang cocok untuk dibudidayakan di dalam ruangan, mengingat mini garden adalah kegiatan budidaya tanaman hias dalam ruangan atau indoor garden.

Beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat minigarden  adalah :

  1. Mencermati desain mini garden yang akan dibuat, untuk memperkirakan seberapa banyak bahan dan alat yang diperlukan
  2. Persiapan bahan dan alat dengan memaksimalkan apa yang sudah ada, dan agar biayanya lebih ekonomis
  3. Penataan tanaman, dengan tanaman yang paling tinggi berada di paling ujung
  4. Tanaman hias yang sudah berbunga diletakkan di tengah
  5. Tanaman paling pendek diletakkan di paling depan
  6. Di tambahkan mainan atau miniatur bangunan atau hewan untuk menambah estetika

Para santriwati tampak antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan pelatihan ini karena bagi mereka pelatihan tentang perbanyakan tanaman adalah sesuatu yang baru dan sangat bermanfaat untuk menambah ketrampilan mereka setelah menyelesaikan pendidikan di KMI.