Potensi Tablet Biofertilizer Azotobacteria sp dan Trichordema sp Berbahan Limbah Batang Aren

Potensi Tablet Biofertilizer Azotobacteria sp dan Tricordema sp Berbahan Baku Limbah Batang Aren

Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif, baik untuk tanaman maupun tanah. Pupuk organik memiliki kuantitas yang besar dalam penggunaanya dilahan serta dapat menurunkan hasil pertanian yang signifikan saat masa peralihan dari penggunaan pupuk kimia kepupuk organik. Penggunaan pupuk hayati (biofertilizer) merupakan alternatif yang dapat diharapkan untuk memenuhi kebutuhan hara bagi tanaman, khususnya unsur hara N dan memiliki sifat ramah lingkungan

Pemanfaatan mikroba Azotobacter sp sebagai pengikat N dan jamur Trichoderma sp sebagai biofungisida, biodekomposer, dan agensia hayati menjadikan kolaborasi yang sangat menguntungkan, terutama dalam formulasi pembuatan pupuk hayati dalam bentuk tablet. Bahan pembawa yang saat ini banyak digunakan adalah tanah gambut. Tanah gambut sebagai bahan pembawa belum tentu tersedia disemua daerah, sedangkan masih terdapat alternatif bahan pembawa lain, misalnya limbah batang aren.

Jika di tilik dari hukum islam, menyinggung tentang Maqosid syaria’h yaitu konsep ekonomis (الاقتصاد) dengan tujuan hifdzul mall (menjaga harta). Penggunaan tablet biofertilizer diharapkan lebih ekonomis, baik dari biaya produksi maupun penggunaanya dilahan (Vonda Bimantara)

Artikel terkait : Formulasi Tablet Biofertilizer Azotobacteria sp dan Tricordema sp