BMKG MALANG MENGUPGRADE WEATHER STATION DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

AGROTEK UNIDA- Program Studi Agroteknologi (Agrotek) dalam meningkatkan keterampilan dan mutu pembelajaran telah bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG). Dengan adanya kerja sama tersebut Agrotek mendapatkan hibah dari BMKG seperangkat alat untuk mengukur cuaca. Alat pengukur cuaca adalah alat atau seperangkat mesin pengukur yang khusus dibuat untuk dapat mengukur, mengamati dan juga meneliti secara luas lingkup suatu wilayah dari  berbagai macam perubahan cuaca dan iklim yang berlangsung. Alat-alat tersebut  memiliki fungsi untuk mengukur cuaca dan iklim yang sering terjadi di lapisan atmosfer. Stasiun cuaca atau dikenal dengan Weather Station merupakan seperangkat alat untuk mengamati cuaca dengan instrumen canggih pengujian intensitas pergerakan cuaca sesuai dengan kondisi atmosfer bumi. Stasiun cuaca ini sangat berguna untuk memberikan informasi dan penjadwalan pada prakiraan cuaca di suatu wilayah tertentu atau di tempat yang rawan dengan keadaan cuaca ekstrem dan juga mampu digunakan sebagai bahan pembelajaran cuaca dan iklim pada suatu wilayah.

Alat Weather Station

Perlu diketahui kerja sama UNIDA gontor dengan BMKG sudah berjalan 2 tahun lebih atau hampir 3 tahun lamanya, tepatnya pada tanggal 29 Maret tahun 2018 lalu. Untuk meningkatkan kualitas data yang didapat maka perlu adanya Upgrade alat-alat yang baru dan lebih canggih. TIM BMKG berkomitmen untuk menjaga kualitas data yang di peroleh dari Weather Station sehingga pada saat ini tanggal 20 bulan Maret tahun 2021 meng-upgrade beberapa alat seperti Anemometer otomatis, Higrometer, Barometer dan lain-lain. Perbaikan memerlukan waktu 4 hari.

Proses Mengupgrate Weather Station

Dengan adanya pembaruan alat Weather Station pihak BMKG yang diwakili oleh bapak Amin berharap pada Prodi Agroteknologi yang diwakili oleh bapak Use Etika agar data yang diperoleh dapat dikembangkan lebih luas lagi tidak hanya pada pengamatan iklim dan cuaca saja, akan tetapi digunakan untuk menentukan sistem pola tanam, pengamatan pada hama dan penyakit tanaman dan lain-lain.

Penulis : Admin Web Agroteknologi

Baca juga : Kerjasama UNIDA Gontor dengan BMKG