CARA SAMBUNG PUCUK DENGAN ZPT AIR KELAPA

Tanaman hortikultura, diantaranya buah-buahan, memiliki peran dalam meningkatkan gizi masyarakat. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah-buahan sendiri terdapat sumber vitamin. Kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat semakin meningkat dan kebutuhan permintaan pasar juga semakin meningkat. Tanaman alpukat ( Persea americana Mill) Merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah dan diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Secara resmi antara tahun 1920-1930, Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesejahteraan dan gizi masyarakat (Nasution, 2010).

Prospek pengembangan komoditas alpukat sangat baik karena peningkatan permintaan pasar dalam maupun luar negeri sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, kesadaran gizi yang lebih baik, dan iklim yang mendukung. Pengembangan industri avokad memerlukan bibit yang berkualitas dan kuantitas baik serta seragam. Bibit berkriteria tersebut dapat diperoleh melalui perbanyakan secara vegetatif. Sambung pucuk merupakan model perbanyakan vegetatif alpukat yang paling sesuai (Jawal et al., 1989; Supriyanto et al., 1991).

Sambung pucuk merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan menggabungkan batang. Batang bawah dari pohon induk terseleksi dan adaptif di daerah setempat dengan batang atas (entres) dari varietas unggul yang berproduksi tinggi. Sambung pucuk juga ditujukan untuk memperbaiki sifat batang atas dan memperoleh tanaman yang cepat berproduksi. Bibit tanaman hasil dari perbanyakan vegetatif asal sambungan akan menghasilkan pertumbuhan dan produksi yang lebih seragam dibandingkan dengan perbanyakan generatif. Perbanyakan secara sambung pucuk persentase tumbuh lebih tinggi jika dibandingkan dengan cara perbanyakan vegetatif lainnya.

Sambung Pucuk

Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dapat diproduksi oleh tanaman sendiri dan seringkali dalam jumlah sedikit sehingga diperlukan penambahan sumber dari luar. Pemberian ZPT pada saat penyetekan akan membuat kualitas bibit akan meningkat dan jumlah bibit dibawah standar normal akan menurun (Salisburi dan Ross 1995). Zat pengatur tanaman  dapat diproduksi oleh tanaman sendiri dan seringkali dalam jumlah sedikit sehingga diperlukan penambahan sumber dari luar. Zat pengatur tumbuh dibuat agar tanaman memacu pembentukan fitohormon (hormon tumbuhan) yang sudah ada di dalam tanaman atau menggantikan fungsi dan peran hormon bila tanaman kurang dapat memproduksi hormon dengan baik (Lestari, 2011).

Salah satu alternatif zpt organik yang dapat digunakan untuk mempercepat adalah air kelapa dan urin sapi. Air kelapa banyak mengandung persenyawaan komplek yang sangat bermanfaat dalam proses diferensiasi sel. Persenyawaan komplek tersebut adalah auksin, sitokinin, zeatin, vitamin, asam amino, unsur hara dan karbohidrat (Bjowani dan Razdan 1983). Air kelapa mengandung hormon tumbuh geberilin, sitokinin dan auksin, pada dosis yang sesuai dapat merangsang pertumbuhan tunas tanaman (Djamhuri, 2011)

Air Kelapa

Sambung pucuk dengan kombinasi pemberian ZPT air kelapa merupakan cara perbanyakan tanaman secara vegetatif paling mudah dari pada perbanyakan tanaman secara vegetatif lainnya. Pemberian ZPT air kelapa dengan cara perendaman atau penyemprotan terhadap batang atas (entres) tanaman alpukat. Batang bawah dibelah seperti huruf “V” sedangkan batang atas dipotong seperti huruf “A”. Antara batang atas dan batang bawah dijadikan/digabung dengan penyambungan. Batang hasil sambungan tadi harus dililit dengan tali sampai tertutup bekas luka sambungan agar tidak putus atau rusak akibat angin atau hujan. Hasil sambung pucuk tanaman dapat dilihat pada umur 1,5 bulan yang ditandai dengan luka pada bekas sabung pucuk sudah tersambung seperti semula, tunas daun mengeluarkan daun, dan ukuran tunas lebih panjang. Tanaman alpukat dari hasil sambung pucuk memiliki kualitas serta kuantitas seperti indukannya sehingga bibit seperti ini yang diinginkan oleh konsumen. Akan tetapi bibit ini mempunyai kelemahan yaitu memiliki penyakit yang sama dialami oleh bibit alpukat.

By : Fariqul

Artikel Terkait : METODE PEMBUATAN SAMBUNG SISIP KAKI GANDA TANAMAN