Daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss) Desinfektan Alami

Kesulitan mendapatkan desinfektan untuk perlindungan selama terjadinya wabah virus corona, menjadikan banyak orang berfikir keras untuk mencari alternatif desinfektan. Salah satu kandidat Desinfektan yang bisa digunakan adalah Tanaman Mimba (Azadirachta indica). Tanaman yang dalam bahasa lokal dikenal sebagai tanaman peneduh ini sangat mudah di Jumpai dilingkungan sekitar kita.

Daun mimba dapat dimanfaatkan sebagai desinfektan alami karena memiliki senyawa antibakteri. Hal ini menjadikan ia kandidat yang cukup baik untuk dijadikan antiseptik komersial.

Dalam tulisannya Eulis Diah Sri Rahayu ( Gontor Agrotech Science Journal, 2018) menjelaskan bahwa tanaman ini bisa digunakan juga sebagai desinfektan untuk produk susu. dalam penelitiaannya yang dilaksanakan pada tanggal 03 April hingga 17 April 2017 yang bertempat di Koperasi Peternak Susu Eka Putra Jaya dan Laboratorium Mikrobiologi dan Penanganan Limbah Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan yaitu P1 (larutan daun mimba dengan pelarut aquabides), P2 (larutan daun mimba 1% + alkohol 70%) dan P3 (larutan daun mimba 1% + alkohol 70% + 0,2% detergen) dan lima ulangan. Peubah yang diamati adalah daya hambat dan penurunan jumlah bakteri total ruang penampungan susu. Larutan daun mimba 1% dengan penambahan alkohol 70% merupakan perlakuan paling efektif untuk daya hambat dengan rataan zona hambat sebesar 5,11 mm dan untuk penurunan jumlah bakteri dengan rataan persentase sebesar 61,00% pada meja dan 66,34% pada lantai. Silahkan kunjungi lebih lanjut di Gontor Agrotech Science Journal.

Artikel Terkait : Corona Virus : Cara virus corona menyerang korbannya