Dosen dan Mahasiswa Agroteknologi Mengikuti Uji Kompetensi Klaster Pangan Segar Asal Tanaman (PSAT)

UNIDA Gontor – Untuk menunjang keahlian kerja, 5 mahasiswa Agroteknologi dan 1 orang dosen mengikuti Uji Kompetensi Skema Sertifikasi Klaster Penjaminan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di Hall Pasca Sarjana, Kampus Putri UNIDA Gontor.
Selain klaster PSAT, dilaksanakan juga sertifikasi Klaster Penyusunan Dokumen Sistem HACCP yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa Ilmu Gizi dan Teknologi Industri Pertanian. Ujian dibagi menjadi 2 gelombang yaitu hari Rabu, 19 Juni 2019 untuk gelombang 1 dan Kamis, 20 Juni 2019 untuk gelombang 2.
Pelakasanan ujian dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Jaminan Mutu Keamanan Pangan (LSP JMKP) yang berpusat di Bogor. Adapaun tim Asesemen Bapak Anton Wibowo, Muhamad Fuad Fauzul M, dan Derry Ferdiansyah.
Peserta terdiri dari 40 peserta yang terdiri dari 6 orang klaster PSAT dan 34 orang klaster HACCP.
Ujian dilakukan secara tulis dan lisan. Peserta diberi tugas untuk mengidentifikasi video yang diberikan, kemudian melakukan jurifikasi dan evaluasi secara tulis dalam waktu 70 menit untuk klaster PSAT dan 90 menit untuk klaster HACCP.
Peserta kemudian melakukan diskusi 1 per satu dengan asesor terkait jawaban dan dokumen yang telah diisi sebelumnya untuk mandapatkan jawaban yang tepat. Kelulusan peserta akan disampaikan langsung oleh asesor secara lisan setelah diskusi usai.
Di akhir acara, tim asesemen mengungkapkan bahwa peserta cukup menguasai materi dan diharapkan dapat menerapkannya di dunia kerja.