Dosen Program Studi Agroteknologi Mengikuti Seminar, Lokakarya Nasional dan Kongres 1 Perkumpulan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (PAGI) 2018

Sebagai salah satu anggota Perkumpulan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia, Program Studi Agroteknologi ikut berpartisipasi dalam kegiatan Seminar, Lokakarya Nasional dan Kongres 1 Perkumpulan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (PAGI) 2018 yang dilaksanakan oleh Universitas Muslim Indonesia. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 10-11 September 2018 di Hotel Swiss Bell In Makassar tersebut dihadiri oleh anggota PAGI dan juga civitas akademika bidang Agroteknologi dari seluruh Indonesia. Dalam hal ini, dosen program studi Agroteknologi sekaligus bertindak sebagai pemakalah oral diwakili oleh Lutfy Ditya Cahyanti, SP. MP, Mahmudah Hamawi, SP. MP dan Use Etica, SP. MMA.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof.Dr. H. Basri Modding, S.E., M.S. Sebagai Keynote speaker, Bapak Kuntoro Boga Andri, SP. M.Agr. PhD hadir mewakili Menteri Pertanian, kemudian hadir sebagai pemakalah utama  Prof. Dr. Ir. Sudirman Yahya, M.Sc (Pakar Agronomi dan Hortikultura IPB) yang membawakan topik “Inovasi dan Teknologi Budidaya Tanaman Pangan di Lahan Kering secara Berkelanjutan”dan  Dr. Muhammad. Azrai, S.P., M.P, (Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia) dengan Topik makalah ”Peran Perbenihan Nasional dalam Menopang Kebutuhan Benih di Lahan Kering Secara Berkelanjutan”.

Pemaparan berikutnya, adalah pemaparan makalah lokakarya yang dibawakan oleh Prof.Dr.Ir. Hadiwiyono, MS. (SEKJEN PAGI): Agroteknologi/ Agroekoteknologi Menghadapi Era Industri 4.0, Dr. Ir. Paristiyanti, MP. (Direktur Pembelajaran Kemristek-Dikti): Pengembangan Kurikulum Program Studi Agroteknologi/ Agroekoteknologi Menyambut Era Industri 4.0, Prof. Dr.Ir. Sylvia Syam, MS (Peneliti UNHAS): Pengembangan Roadmap Riset Agroteknologi/ Agroekoteknologi Sejalan dengan Era Industri 4.0 dan Direktur PT Mars Makassar : Kompetensi Lulusan Agroteknologi/ Agroekoteknologi Menghadapi Era Industri 4.0

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada sesi panel, dipresentasikan hasil penelitian dari kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian, perusahaan (BUMN dan swasta) organisasi pemerintah dan pengambil kebijakan, mahasiswa dan masyarakat pengguna ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian di Bidang Teknologi Budidaya dan Pasca Panen, Pemuliaan Tanaman dan Perbenihan, Pengelolaan Tanah dan Air, Pengelolaan OPT dan Perubahan Iklim serta Agribisnis dan Penyuluhan Pertanian.  (agro.unida.gontor.ac.id)