Gontor Agrotech Science Journal Belajar Pengelolaan Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Para peneliti saat ini selalu berkeinginan untuk menuliskan hasil penelitiannya pada jurnal yang bereputasi dan terindeks internasional. Program Studi Agroteknologi Universitas Darussalam Gontor selaku pengelola Gontor Agrotech Science Journal tidak ingin ketinggalan untuk meningkatkan kualitas jurnal yang saat  ini telah terakreditasi SINTA 3 untuk bisa lebih meningkat lagi yaitu SINTA 2 atau bahkan SINTA 1.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas jurnal adalah dengan belajar dan melaksanakan studi banding ke jurnal Agrivita, yaitu jurnal yang dikelola oleh Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan saat ini telah terindeks Scopus. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 diikuti oleh pengelola Gontor Agrotech Science Journal dengan Haris Setyaningrum, M.Si sebagai Editor in Chief.

Rombongan diterima baik oleh Prof. Kuswanto selaku editor in chief Agrivita. Prof Kuswanto. Kemudian dilaksanakan diskusi berkaitan dengan pengelolaan jurnal Agrivita secara khusus dan tips bagaiamana mengelola jurnal agar bisa terindeks internasional. Ada beberapa hal yang diungkapkan Prof. Kuswanto tentang hal-hal yang harus diperhatikan agar suatu jurnal bisa menjadi jurnal yang bereputasi internasional. Yang pertama adalah pentingnya organisasi tim beserta job disk masing-masing. Mulai dari tim administrasi, dewan editor, mitra bestari harus memahami tugas dan fungsi masing-masing. Yang kedua adalah membuat tampilan Online Journal System (OJS) yang semenarik  mungkin dan juga dari segi bahasa haruslah komunikatif dan juga jaringan yang mumpuni sehingga tidak ada istilah OJS tidak bisa diakses atau server down.

Untuk mendapatkan naskah yang berkualitas dari penulis, Prof. Kuswanto menekankan perlunya untuk diadakan desk evaluation. Desk evaluation merupakan skrinning pertama yang dilakukan untuk melihat kelayakan tulisan sebelum dikirim ke dewan editor untuk kemudian dikirim ke reviewer. Dengan adanya desk evaluation ini, diharapkan akan mempermudah proses editing dan review sehingga naskah yang dihasilkan akan lebih berkualitas. Diharapkan setelah studi banding ini akan meningkatkan kualitas manajemen sehingga Gontor Agrotech Science Journal bisa meningkat dalam hal indeksasi bahkan berhasil untuk bisa terindeks di skala internasional.