Cara Usaha Penangkaran Benih Tanaman

Ini Dia yang Harus disiapkan Sebelum Anda Memulai Usaha Penangkaran Benih Tanaman

Benih merupakan faktor penting dalam pertumbuhan tanaman, 30% hasil panen ditentukan oleh kualitas benih.

Kebutuhan akan benih yang berkualitas, dengan berbagai sifat unggul sangat penting untuk menunjang produktivitas tanaman. Seorang petani pastinya ingin memperoleh benih unggul untuk ditanam di lahan budidayanya, sehingga usaha penangkaran benih memiliki prospek yang tinggi untuk ditekuni.

Lalu apakah yang harus disiapkan, ketika memulai usaha penangkaran benih tananan?

Penangkar Benih
Penangkar Benih

Seorang penangkar terlebih dahulu harus memilki fasilitas dan keahlian diantaranya memiliki SDM yang menguasai tehnologi produksi benih, menguasai lahan yang akan dipergunakan untuk memproduksi benih, memiliki atau menguasai benih sumber, mampu mengelola lahan dan pertanamannya, mematuhi petunjuk yang diberikan oleh penyelenggara sertifikasi benih dan menguasai fasilitas yang digunakan.

Selain itu seorang produsen benih harus menjamin ketersediaan benih bermutu secara berkesinambungan, menjamin kebenaran jenis, varietas/klon/hibrida dan mutu benih yang beredar, mempercepat sosialisasi dan alih teknologi varietas kepada pengguna.

Dalam hal pelaksana produksi, kriteria perusahaan harus memiliki legalitas baik perorangan atau kelompok, memiliki badan usaha, badan hukum dan atau dimiliki oleh instansi pemerintah.

 

Artikel Terkait Menilik Prosepektus Agribisnis Buah Indonesia di Kampung Organik Indonesia