Jaminan Mutu dan Kualitas Pendidikan Di Prodi Agroteknologi

Hari Senin (4/11/2019) adalah hari yang menentukan bagi program studi Agroteknologi UNIDA Gontor. Pasalnya, hari itu dilakukan tinjaun kualitas dan mutu oleh Auditor Internal. Program Audit Mutu Internal (AMI) adalah program wajib bagi program studi, biro dan lembaga di linkup UNIDA Gontor. Program ini dilakukan untuk mengukur kualitas dan mutu pengelolaan bidang yang dikelolanya. Acara AMI 2019 ini diacarakan serempak di UNIDA Gontor, dan Fakultas Sains dan Teknologi mendapatkan jatah pada hari ini 4 Oktober 2019.

Pada pelaksanaan AMI kali ini sedikit berbeda dengan AMI di tahun sebelumnya, kali ini AMI dilaksanakan pada 9 (sembilan) kriteria Audit, dari visi misi hingga capain Outcome. Hal ini dilakukan untuk menyeleraskan dengan program Akreditasi APS 4.0 dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. sembilan kriteria pada APS 4.0 adalah

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
  2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
  3. Mahasiswa
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
  6. Pendidikan
  7. Penelitian
  8. Pengabdian Kepada Masyarakat
  9. Luaran dan Capaian Tridarma

adanya AMI ini membuktikan bahwa jaminan mutu di prodi Agroteknologi berjalan dan menjadi point penting dalam peningkatan kualitas. Semoga kedepan Prodi ini betul betul menjadi program studi yang bermutu dan berarti dengan standard islam dan kepondok moderan.