Kampanye Non Kantong Plastik untuk Daging Qurban, Ini Dia Beberapa Daun Alternatif Penggantinya

Penggunaan Daun untuk Daging Qurban

Idhul Adha – Seusai Sholat Ied pada Hari Raya Idul Adha atau lebih dikenal dengan Hari Raya Qurban, pengurus ta’mir masjid dan beberapa masyarakat bergotong-royong untuk melakukan penyembelihan hewan qurban. Daging yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat dibungkus menggunakan kantong plastik. Coba anda bayangkan berapa juta kanrong plastik yang digunakan masyarakat muslim Indonesia hanya dalam jangka waktu 1 hari?

Hal ini menjadi perhatian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang telah mengeluarkan edaran kepada kepala daerah agar berkampanye tidak menggunakan kantong plastik untuk pembagian daging kurban. Kampanye ini adalah salah satu program nasional “Kendalikan Sampah Plastik”.

Selain dari pada alasan lingkungan kantong plastik  mengandung zat karsinogen. Zat tersebut dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh manusia dalam jangka panjang. Zat kimia ini akan menempel pada daging terlebih jika disimpan pada refrigerator pasa jangka waktu yang lama.

Lalu apa saja pengganti kantong plastik yang dapat kita gunakan?

Beberapa alternatif yang dapat kita gunakan antara lain beberapa jenis daun yang mudah kita temukan dan memiliki serat tebal diantaranya adalah :

  1. Daun Jati (Tectona granis l.f)

    Daun-jati
    Daun-jati

Tekstur daun jati yang lebih tebal dan lebih lebar bisa membuat panas yang ada di dalam daging tidak mudah terlepas. Daun jati juga memiliki aroma yang khas.

  1. Daun Pisang (Musa paradisiaca)
Daun Pisang
Daun Pisang

Tanaman pisang memiliki bentuk daun yang bulat lonjong dan melebar dengan tulang daun yang besar. Pada bagian tepi daun tidak mempunyai ikatan daun yang kuat, Daun tanaman pisang memiliki warna daun hijau muda saat masih muda dan setelah dewasa daun akan berubah menjadi hijau tua. Pada permukaan daun memiliki sifat licin dan berlapis lilin, sehingga bagus digunakan untuk pembungkus daging ataupun makanan lainnya.

  1. Daun Patat (Maranta aruandinacea)

    Daun Patat
    Daun Patat

Daun Patat banyak digunakan masyarakat kota Bogor sebagai pembungkus makanan seperti toge goreng. Nah ini bisa dipakai sebagai pengganti kantong plastik. Selain itu, daun ini juga digunakan sebagai pembungkus nasi untuk hidangan khas Bogor, doclang.

  1. Daun Ploso (Butea monosperma)

    Daun Ploso
    Daun Ploso

Pohon Ploso biasa ditemukan di hutan di tanah berkapur. Daun Ploso merupakan daun yang setiap tangkainya terdiri atas tiga lembar daun. Setiap daun ploso berbentuk lingkaran memuncak dan memiliki ruas sejajar. Daun ini biasa digunakan masyarakat Blora untuk membungkus tape.

Itulah beberpaa alternatif daun  ramah lingkungan yang bisa kita gunakan untuk membungkus daging qurban esok hari. Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H!