KEISTIMEWAAN TANAMAN YANG TERMAKTUB DALAM AL-QUR’AN – #1

Di dunia memang ada ribuan jenis tanaman. Dari jumlah yang sangat banyak ini ada beberapa tanaman yang secara spesifik termaktub dalam Al-qur’an. Aneka tanaman ini tentu saja memiliki keistimewaan dan tumbuh subur di Indonesia. Setidaknya ada 14 jenis tanaman yang termaktub dalam Al-qur’an yang diambil dari beberapa sumber sebagai berikut:

  1. Kurma (Q.S. Asy-Syu’ara’: 148)
Kurma

Keistimewaan memakan kurma setidaknya ada beberapa manfaat bagi orang yang memakannya, antara lain;

  1. Kurma matang dapat membantu menenangkan saraf, menghilangkan ketegangan, kegelisahan dan menekan luka pada lambung.
  2. Manfaat kurma muda juga bisa membantu menguatkan persendian rahim saat melahirkan karena kandungan vitamin B.
  3. Menjadi sumber energi, karena mengandung gula berkadar tinggi.
  4. Membantu merangsang nafsu makan dan berguna untuk mencegah anemia karena mengandung zat besi yang tinggi.
  5. Kurma mengandung serat dan antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas. Flavonoid yang terkandung dalam buah kurma ajwa ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi risiko diabetes dan penyakit alzheimer. Dan karotenoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata. Serta asam fenolik dalam buah kurma dapat menurunkan risiko kanker.

2. Anggur (Q.S. Yasin: 34)

Anggur

Sesungguhnya anggur merupakan buah-buahan yang lezat dan banyak manfaatnya. Makanya tak heran kalau banyak orang menyukai anggur. Berikut manfaat dari buah anggur;

  1. Anggur meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mencegah pembekuan darah dan membantu kesehatan jantung secara keseluruhan. Anggur efektif untuk mengurangi kemungkinan serangan jantung.
  2. Anggur mengandung senyawa organik yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Kandungan resveratol dalam anggur juga akan bekerja optimal dalam pencegahan dan pengobatan kanker.
  3. Menurut penelitian yang tercantum dalam Journal of Experimental and Clinical Science, menunjukkan ekstrak buah anggur merupakan campuran polifenol yang menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengatasi gangguan pada ginjal.
  4. Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Buah tersebut bisa mencegah Anda dari rabun jauh atau dekat, menurunkan risiko kebutaan, dan terhindar dari katarak.
  5. Mengkonsumsi jus anggur secara rutin dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan anggur sebagai masker untuk perawatan kulit dari luar.

3. Delima (Q.S. Ar-rahman: 68)

Delima

Delima merupakan beberapa tanaman yang ter maktub dalam Alquran. Mengkonsumsi delima membutuhkan perjuangan, karena bijinya banyak, akan tetapi manfaatnya sebanding dengan apa yang diusahakan, minimal ada beberapa manfaat ketika kita mengkonsumsi delima, antara lain;

  1. Buah delima kaya akan polifenol yang bersifat antioksidan. Artinya buah delima mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada dinding arteri, sehingga mencegah penyakit jantung. Buah ini juga mampu menjaga kadar kolesterol buruk agar tak terjadi plak dan menyebabkan masalah koroner jantung.
  2. Delima membantu menurunkan tekanan darah dengan mencegah aktivitas serum enzim pen gubah angiotensin. Asam punisat adalah salah satu komponen dalam delima yang membantu menurunkan kolesterol, trigliserida dan mengurangi tekanan darah.
  3. Mulai dari kanker prostat, kanker payudara, hingga kanker paru dan kulit bisa dicegah dengan konsumsi delima. Antioksidan polifenol dalam delima membantu mencegah terjadinya kanker. Studi menunjukkan, jus delima bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dan perlahan membasmi nya secara alami. Beberapa senyawa dalam delima juga mampu menjadi anti-inflamasi.
  4. Kaya akan senyawa anti-inflamasi, delima sangat menyehatkan bagi mereka yang mengalami gangguan sistem imun tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteoartritis. Buah delima banyak mengandung vitamin C yang meningkatkan produksi kekebalan tubuh sehingga terhindar dari infeksi.
  5. Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Queen Margaret University, segelas jus delima meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Itu sebabnya delima pun bisa berfungsi sebagai afrodisiak, meningkatkan libido dan stamina seksual.
  6. Senyawa polifenol dalam delima sangat ampuh menghambat proses penuaan. Itu sebabnya rutin mengkonsumsi delima bisa membuat kulit bercahaya dan jauh dari keriput.
  7. Jus delima bisa menjadi pilihan sebagai pencuci mulut bila Anda kesulitan menemukan mouthwash. Beberapa senyawa dalam delima memberi efek anti plak yang kuat. Studi menunjukkan, ekstrak hidroalkoholik dari delima efektif mengurangi plak gigi hingga 84 persen.

4. Tin (Q.S. Al-Tin: 1)

Tin

Buah bernama latin Ficus carica ini bahkan sampai disebut sebagai “superfood” karena mengandung kadar serat tinggi, rendah kalori, dan non lemak. Berikut ini beberapa manfaat buah Tin yang disinggung dalam Alquran yang sangat baik untuk tubuh;

  1. Manfaat buah Tin untuk melancarkan pencernaan dihasilkan dari kandungan serat buahnya yang sangat tinggi. Ada juga kandungan zat pektin di dalam buah Tin yang terbukti dapat menutrisi usus besar dan usus kecil dengan sangat baik.
  2. Setiap 100 gram buah Tin hanya mengandung 74 kalori sehingga tepat bagi yang sedang diet. Manfaat buah Tin lainnya hadir dari kandungan mineral, vitamin, serta zat pigmen yang baik untuk kesehatan kulit serta metabolisme tubuh.
  3. Ekstrak daun dan buah Tin dipercaya dapat memproduksi insulin sekaligus menghasilkan zat anti diabetes lainnya. Zat tersebut merupakan zat yang sangat bermanfaat dalam menghambat perkembangan penyakit diabetes agar tak semakin memburuk.
  4. Buah Tin yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi terbukti dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan sperma. Dengan begitu, sperma akan semakin berkualitas dan setiap sel-selnya terhindar dari kerusakan.
  5. Tingginya kandungan serat dalam buah Tin pun tak hanya melancarkan pencernaan, tapi juga membantu menurunkan kolesterol.
  6. Manfaat buah Tin dalam perkara seksual tak hanya untuk mengatasi disfungsi seksual, tapi juga termasuk manfaat lainnya seperti menambah gairah seksual.

5. Labu (Q.S. As-Shaffat: 146)

Labu

Labu merupakan salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan lezat. Tanaman ini disebut dalam al-quran dan memeliki beberapa keistimewaan atau manfaat bagi kesehatan tubuh sebagai berikut;

  1. Kandungan potasium di dalam labu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mengontrolnya agar tetap stabil. Hal ini karena potasium berperan sebagai vasodilator yang dapat membuka serta memperlebar pembuluh vena dan arteri di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, adanya kandungan zat besi pada labu yang berfungsi memproduksi sel darah merah juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional penambah darah.
  2. Labu terkenal sebagai salah satu buah yang tinggi akan kandungan serat, yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan serta meredakan gangguan kembung hingga sembelit. Tak hanya itu, serat pada labu juga bersifat anti-inflamasi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan obesitas dapat dihindari.
  3. Di dalam labu kuning terkandung asam folat dalam kadar tinggi yang dapat menyehatkan janin saat masih berada dalam kandungan. Asam folat akan membantu mengontrol organ janin agar berfungsi baik sehingga risiko kecacatan saat lahir dapat dihindari. Tak hanya itu, dikombinasikan dengan vitamin B yang juga ada di dalam labu, konsumsi labu kuning secara teratur dapat mempercepat pembentukan sel darah merah serta pertumbuhan sel dan jaringan baru.
  4. Seperti wortel, warna merah pada labu mengindikasikan tingginya kadar vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Vitamin A berfungsi menurunkan risiko terkena degenerasi makula atau gangguan yang menyebabkan penurunan fungsi retina. Selain itu, labu juga bisa disantap sebagai ramuan alami untuk mengobati mata yang cepat lelah.
  5. Labu merupakan buah yang tinggi akan kandungan mineral seperti potasium, magnesium, mangan, dan kalsium. Bila di konsumsi secara teratur, asupan mineral yang cukup di dalam tubuh akan meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Selain itu, konsumsi labu pada orang berusia di atas usia 30 tahun dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.
  6. Labu mengandung zat anti-kanker yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel kanker ganas. Kandungan protein yang ditemukan pada labu dapat menghambat sel jahat yang menyerang. Ditambah adanya vitamin C, labu dapat menjadi makanan alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  7. Tak hanya menyehatkan mata, vitamin A yang terkandung di dalam labu dapat dimanfaatkan sebagai pelembap alami pada rambut. Selain itu, vitamin A akan mempercepat pertumbuhan jaringan tubuh termasuk pada rambut dan kulit kepala.

By : Muhammad

Artikel terkait :

KEISTIMEWAAN TANAMAN YANG TERMAKTUB DALAM ALQURAN – #2

KEISTIMEWAAN TANAMAN YANG TERMAKTUB DALAM AL-QUR’AN – #3