KEISTIMEWAAN TANAMAN YANG TERMAKTUB DALAM AL-QUR’AN – #2

Tanaman adalah tumbuhan yang sengaja dibudidayakan pada suatu ruang atau media untuk dipanen pada masa ketika sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu. Di dunia ada ribuan jenis tanaman. Dari jumlah yang sangat banyak ini ada beberapa tanaman yang secara spesifik termaktub dalam Al-qur’an. Aneka tanaman ini tentu saja memiliki keistimewaan dan kegunaan yang lebih dari pada tanaman yang lain untuk kehidupan manusia. Di samping itu tidak kalah istimewanya lagi, tanaman ini tumbuh subur di Indonesia. Setidaknya ada 14 jenis tanaman yang termaktub dalam Al-qur’an yang diambil dari beberapa sumber sebagai berikut:

6. Bidara (Q.S. Al-Waqi’ah: 28)

Tanaman Bidara

Tanaman bidara yang tertulis dalam al-qur’an sudah banyak yang meneliti tentang keistimeweannya baik secara gaib ataupun secara scientis. Berikut keistimewaannya tanaman bidara:

  1. Keistimewaan daun bidara bisa mencegah timbulnya tumor dan sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, dan antijamur. hal ini karena kandungan fenolat di dalamnya.
  2. Daun bidara dapat menenangkan saraf, memperbaiki koordinasi dan respon, hal ini karena daun bidara memiliki sifat anticemas dan sedatif.
  3. Manfaat daun bidara ini terkait dengan kandungan saponin di dalamnya. Saponin terbukti dapat melawan pertumbuhan sel kanker tertentu di dalam tubuh.
  4. Ekstrak daun bidara juga memiliki sifat antipiretik alias menurunkan suhu tubuh. Manfaat daun bidara ini membuatnya dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif pada penderita demam.

7. Mentimun (Q.S. Al-Baqarah: 61)

Tanaman Mentimun

Buah mentimun dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air. Dalam satu buah mentimun dapat memenuhi vitamin harian dalam tubuh manusia. Pantas saja tanaman ini disebutkan dalam alquran, lebih lanjut berikut keistimewaan tanaman bagi kesehatan manusia:

  1. Kandungan air yang banyak terdapat pada mentimun dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Mentimun mengandung hampir 95 persen air, di mana sekitar 26 persen kebutuhan air di dalam tubuh manusia bisa didapat dari mentimun. Kandungan air pada mentimun dapat mendorong produksi air seni sehingga mampu membuang racun hasil dari hasil metabolisme tubuh.
  2. Kalium yang terdapat dalam mentimun dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. kalium yang terdapat dalam mentimun dapat menetralkan zat sodium yang menjadi pemicu darah tinggi. selain itu manfaat mentimun juga baik untuk menurunkan berat badan karena jus mentimun dapat mengurangi kalori.
  3. Di dalam mentimun terdapat kandungan kalium, fluorin dan silikon serta mengandung kadar kalori yang rendah. Buah mentimun dapat membantu kerja ginjal dalam membuang sisa hasil metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat membantu ginjal dalam membuang lemak yang ada pada tubuh.
  4. Manfaat mentimun bagi kesehatan lainnya juga dapat menjaga kekuatan tulang. Mentimun yang mengandung vitamin K baik untuk menjaga kekuatan tulang. Kamu bisa mengkonsumsi air mentimun sehingga 22 persen asupan vitamin K akan masuk ke dalam tubuhmu.
  5. Manfaat mentimun yang tak banyak diketahui orang adalah mentimun dapat menghambat tumbuhnya kanker. Kanker yang dapat dihambat oleh mentimun seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker rahim. Mampu menahan berkembangnya kanker disebabkan mentimun memiliki sifat anti tumor.
  6. Biji mentimun juga dapat kamu manfaatkan sebagai obat radang tenggorokan. Biji mentimun yang mengandung racun alkoloid dapat digunakan untuk obat cacing bagi anak-anak.

8. Bawang putih (Q.S. Al-Baqarah: 61)

Bawang Putih

Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur tiap masyarakat Indonesia adalah bawang putih. Memasak tidak lengkap tidak lengkap rasanya jika tidak ada bawang putih. Namun selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan manusia.

  1. Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Sebuah penelitian terdahulu yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.
  2. Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah telah lama dikenal sebanding dengan obat hipertensi generik. Sebuah penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol.
  3. Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.
  4. Sebuah tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit. FruArg dilaporkan mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia di dalam otak selama melawan peradangan dan stres oksidatif.
  5. Berbagai studi membuktikan bahwa kandungan bawang putih yaitu allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Berbagai sifat ini turut membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan rona kulit.
  6. Merangkum hasil temuan studi dalam Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics, flavonoid berpotensi meningkatkan pembentukan tulang sementara memperlambat proses pengeroposan mineral tulang. Nah dari keluarga bawang, bawang putih dan daun bawanglah yang ditemukan paling efektif menghambat proses perapuhan tulang.
  7. Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk memperkuat daya tahan tubuh. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan.
  8. Pada alopecia atau kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun, bawang putih mentah bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

9. Bawang merah (Q.S. Al-Baqarah: 61)

Bawang Merah

Bawang berwarna merah yang jadi saudara bawang putih ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat bawang merah?

  1. Bawang merah mengandung zat yang disebut dengan quercetin. Quercetin adalah zat alami yang membuat bawang jadi berwarna warna merah gelap. Menurut University of Maryland Medical Center, zat quercetin termasuk zat antioksidan yang berperan penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Salah satu dampak penumpukan radikal bebas adalah kanker. Antioksidan seperti quercetin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
  2. Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan juga bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi.
  3. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Sudan, penderita diabetes mellitus tipe satu dan tipe dua yang mengkonsumsi bawang merah mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang berwarna merah memang mampu untuk menurunkan kadar gula darah.
  4. Sebuah jurnal yang dilaporkan dalam Phytotherapy Research menyebutkan bahwa bawang merah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Para ahli percaya penurunan kolesterol yang terjadi ini diakibatkan oleh kandungan zat antioksidan serta zat bioaktif lainnya yang ada di dalam bawang tersebut yang dapat menurunkan jumlah lemak total dalam tubuh secara langsung.
  5. Kandungan polifenol yang ada di dalam tanaman bawang mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, papar Anne Mauney, ahli diet di Washington, DC Kemampuan bawang yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh yang kuat.

10. Kacang adas/lentil (Q.S. Al-Baqarah: 61)

Kacang Adas

Kacang adas termasuk kelompok kacang-kacangan (legume), dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan ‘lentils’ yang hidup pada satu musim saja. Tanaman ini dibudidayakan hanya untuk diambil bijinya saja. Adapun keistimewaan dan kegunaannya sebagai berikut:

  1. Kacang adas adalah sumber asam folat yang baik, yang juga dikenal untuk mencegah perkembangan cacat lahir seperti anencephaly dan spina bifida. Selain itu, asam folat juga membantu dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh dan juga menjaga kadar homocystine pada wanita hamil
  2. Kandungan kalium yang tinggi dalam kacang adas dapat memastikan sirkulasi darah yang baik dan menstabilkan tekanan darah.
  3. Kombinasi migrain dan sakit kepala selama kehamilan sangat umum terjadi karena perubahan hormon yang terus-menerus dalam tubuh, dan makan kacang hadas dapat mengurangi serangan migrain karena kacang adas merupakan sumber vitamin B yang baik.
  4. Kacang adas mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu meringankan buang air besar, sehingga mencegah sembelit.
  5. Pada saat orang hamil, tubuh memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi. Untuk menghasilkan sel darah merah yang lebih banyak, maka dibutuhkan zat besi. Kacang adas merupakan salah satu tanaman yang mengandung zat besi yang tinggi.

Artikel terkait :

KEISTIMEWAAN TANAMAN YANG TERMAKTUB DALAM AL-QUR’AN – #3

KEISTIMEWAAN TANAMAN YANG TERMAKTUB DALAM AL-QURAN – #1