Kerja Kemah Mahasiswa Agroteknologi Di Wisata Lokal Dam Ponorogo

Dam Cokromenggalan merupakan wisata lokal Ponorogo yang terletak di kelurahan Menggalan Kabupaten Ponorogo. Wisata ini baru diresmikan selama kurang lebih 2,5 bulan diresmikan pada awal tahun 2020 lalu. Walaupun baru, tempat ini sudah banyak di kunjungi para wisatawan guna menghilangkan rasa penasaran dengan suasana menyelusuri sungai dengan perahu kecil.

Perluasan dan Perbaikan jalan Wisata Dam Jokromenggalan

Ditempat ini mahasiswa mahasiswa Agroteknologi melakukan bakti sosial selama dua hari yang dimulai kamis tengah hari hingga sabtu yaitu12 maret sampai 14 Maret 2020. Mahasiswa mengerjakan dengan riang dan Bersama-sama sehingga merasa lebih asik dan menyenangkan. Ditempat ini mahasiswa memperbaiki tangga utama sebagai jalan untuk menuju lokasi wisata dan menambah dan memperbaiki beberapa sarana di tempat tersebut.

Selain melakukan bakti sosial, mahasiswa Agroteknologi UNIDA juga melakukan camp ditempat tersebut dengan tujuan menambah erat ukhwah atau pun rasa persaudaraan mahasiswa Agroteknologi UNIDA antar Angkatan. Dengan adanya camp tersebut tanpa kita sadari rasa persaudaraan itu akan muncul dengan sendiri dengan apa yang telah dilakukan dengan kebersamaan.

Dalam kegiatan ini bapak dan ibu dosen Agroteknologi juga ikut andil dalam kegiatan tersebut mendampingi mahasiswa dan memberikan pengarahan kepada mahasiswa bekerja sama dengan para pencinta sungai cokromenggalan. Tidak hanya memberikan pengarahan saja, bapak dan ibu dosen yang datang juga ikut turun kelapangan bergabung Bersama mahasiswa sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang dimiliki dan bercerita bercanda Bersama menghilangkan rasa Lelah yang menghampiri.

Dosen dan mahasiswa pada kegiatan KKM

Di hari terakhir kegiatan ini, pengurus Pantangi atau para pencinta sungai Menggaan mengucapkan banyak terima kasih atas segala kegiatan yang telah dilakukan selama beberapa hari ini. Walaupun sebenarnya banyak program kerja yang belum sempat dijalankan karena mungkin waktu yang kurang dan tenaga yang minim sehingga belum dapat terlaksana sesuai harapan yang sebelumnya telah direncanakan, kami atas nama mahasiswa Agroteknologi UNIDA memohon maaf sebanyak-banyaknya atas sikap, perkataan dan perbuatan kami selama ini yang tidak enak dirasakan, didengar dan lihat oleh bapak-bapak pengurus Pentangi. “Ucap Novianto”

Di hari kedua mahasiswa melakukan senam bersama di pagi hari sebelum melakukan kegiatan selanjutnya. Senam akan membuat badan menjadi lebih rileks setelah beberapa jam beristirahat, membuat urat-urat menjadi lebih lentur yang dapat mengurangi risiko cidera dalam bekerja.

Senam pagi bersama sebelum melakukan aktifitas

Dari kegiatan ini kita dapat mengambil banyak hikmah dalam kehidupan yang semakin lama semakin sulit bagi warga kecil untuk mendapatkan pekerjaan, dimulai dari hal kecil untuk menciptakan suatu pekerjaan yang besar. Dam Cokro yang dahulunya tidak terawat bahkan pencemaran yang ada sebagai tempat pembuangan sampah kini bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang dapat menjadikan lingkungan lebih bersih, Dam Cokro juga yang dahulunya juga dikenal sebagai tempat angker oleh warga setempat, kini mitos-mitos tersebut terkikis hilang oleh adanya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan tempat tersebut. Pada kegiatan ini juga kita dapat meluaskan relasi dan menjalin ukhwah islamiah Bersama pengurus pantangi dan warga setempat.

Video Kegiatan : Salah satu kegiatan KKM Agroteknologi UNida Gontor

Berita Terkait : Mahasiswa Agroteknologi Ikuti Santripreneur Camp 2019