Kunjungan Mahasiswa Agrotek Ke Kebun Hortikultura, Teh, Dan Karet

Mahasiswa mendapat penjelasan tanaman teh dari petugas di kebun P,T. Rumpun Sari Kemuning

Karanganyar – Guna memperluas wawasan dan pengalaman dalam menunjang potensi akademik, mahasiswa Agroteknologi mengadakan acara kunjungan lapang (fieldtrip) ke kawasan perkebunan hortikultura, teh, dan karet di daerah Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (14/11/2015). Selain sebagai kunjungan (fieldtrip) ke kompleks perkebunan, acara ini juga merupakan salah satu kegiatan praktikum yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor. Kegiatan praktikum ini meliputi mata kuliah Pengantar Ilmu Pertanian Terpadu bagi semester I dan mata kuliah Ilmu Tanah bagi semester III. Dalam proses kegiatannya, mahasiswa mendapat arahan dan bimbingan dari para dosen pembimbing, Ir. Herawan Widodo, Haris Setyaningrum, M.Si, Muhammad, SP. MP, Lutfy Ditya Cahyanti, SP. MP, dan Mahmudah Hamawi, SP. MP. Dengan didampingi dosen pembimbing, mahasiswa dapat lebih mudah dan terorganisir dalam melaksanakan pengamatan lingkungan, baik pengukuran suhu, penentuan struktur dan tekstur tanah, ataupun identifikasi hama dan penyakit pada tanaman yang ada di kawasan perkebunan.

Ustadzah Lutfy demikian panggilan akrab Lutfy Ditya Cahyanti, SP. MP, mengatakan bahwa acara ini memiliki tujuan untuk memperkaya pengetahuan serta soft skill ataupunhard skill mahasiswa Agroteknologi dan memperbanyak pengalaman sebagai mahasiswa yang bergerak dalam bidang Pertanian. Dengan terjun ke lapangan, mahasiswa dapat menganalisa serta mengetahui situasi dan kondisi tanaman pada suatu kawasan tertentu secara langsung.

Mahasiswa aktif mendengarkan penjelasan pengelolaan kebun karet dari P.T Perkebunan Nusantar 9 Batu Jamus

Adanya acara fieldtrip ini secara tidak langsung memberikan kesan tersendiri bagi kalangan mahasiswa. “Alhamdulillah, kegiatan praktikum ini mengesankan sekali. Jadi kita tidak hanya tau ilmunya secara materi saja, tetapi benar-benar tau dengan melihat kondisi di lapangan secara langsung dan dengan kasat mata”, ujar Nur Alam, salah seorang mahasiswa Agroteknologi. Diharapkan dengan kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diajarkan namun juga mendapat pengalaman lebih dalam menangani berbagai macam kasus yang ada. Dosen yang membimbing kunjungan yaitu Lutfy Ditya Cahyanti, SP. MP, Haris Setyaningrum, M.Sc, Use Etica, SP. MMA, Mahmudah Hamawi, SP. MP (Ichan/Agt).

Berita terkait : MAHASISWA AGROTEKNOLOGI ADAKAN KUNJUNGAN KE BPTP

November 21, 2015 agrotekunidagontor