Kunjungan Mahasiswa Agoteknologi Ke Malang

Stasiun BMKG Malang

Pada tanggal 06 Februari 2020 Mahasiswa Agroteknologi UNIDA Gontor semester 2 dan 4 melakukan praktikum lapang di Kabupaten Malang. Beberapa lokasi yang dituju antara lain Stasiun BMKG Karang Ploso Malang, Kebun Percoban Puten, dan Kebun Raya Purwodadi.

Kunjungan ke Stasiun BMKG ditujukan pada Mahasiswa Semester 2 yang mengampu mata kuliah Agroklimatologi. Agroklimatologi di dalamnya mempelajari mengenai  keadaan cuaca di lingkungan pertanian berdasarkan analisis yang dilakukan di lapang menggunakan berbagai jenis alat. Pertama mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai macam alat analisis cuaca di lapang kemudian berlanjut di dalam ruangan untuk mengenal sistem informasi cuaca dan penyebarannya kepada masyarakat.

Di waktu yang sama dan tempat yang berbeda,  mahasiswa  yang mengambil matakuliah hama dan penyakit tanaman melakukan kunjungan ke Kebun Percobaan Puten. Disana mereka diajak untuk  mengenal budidaya segala jenis jeruk beserta hama dan penyakit yang sering hadir pada tanaman jeruk dilengkapi dengan penanganan setiap penyakit dan hama yang menyerang. Perlu diketahui Kebun percobaan Punten tersebut memiliki luas lahan 2,7 ha terletak di Desa Sidomulyo dan Gunung Sari  Kota Batu, berada di ketinggian 950 m dpl. Jenis tanah yang ada di wilayah KP punten adalah Epitsol.

Setelah usai mengunjungi kedua lokasi tersebut, rombongan mahasiswa kemudian mengunjungi Kebun Raya Purwodadi Malang. Di sana Mahasiswa ditugaskan untuk mencari berbagai jenis serangga dan hama yang kemudian dikumpulkan sebagai bahan pembelajaran dan pengamatan di Laboratorium Hama dan Penyakit.