Kurikulum

Kurikulum Program Studi Agroteknologi Universitas Darussalam Gontor dirancacang berdasarkan konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan yang terintergrasi. Matakuliah memadukan konsep Islam, Humanity dan Agriculture based science yang dijabarkan sebagai berikut:

Mata Kuliah Studi Islam

Worldview Islam – 01 2(2-0)
Islamic Worldview – 01
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan worldview Islam berupa aqidah fikriyah yang membentuk kerangka pikir dan cara pandang yang benar terhadap realitas wujud yang dibangun berdasarkan konsep-konsep kunci dalam ajaran Islam.

 

Studi Al – Quran 2(2- 0)
Study Al – Qur’an
Mata kuliah ini (Studi al-Quran) memberikan penjelasan tentang tiga hal pokok pembahasan: 1. Tentang sejarah al-Quran, yang meliputi: al-Qur’an dan Wahyu, Asbab al-Nuzul, Kodifikasi al-Qur’an, 2. Tentang al-Quran sebagai Sumber Pengetahuan: yang meliputi pembahasan tentang al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Alam, manusia dan nilai Hidup, al-Qur’an dan I’jaz al-Ilmiy. 3. Tentang kaidah-kaidah Umum dalam penafsiran al-Qur’an, serta Perkembangan Tafsir (Klasik, Pertengahan, dan Kontemporer), serta bagaimana seharusnya berinteraksi dengan al-Quran.

 

Worldview Islam – 02 2(2-0)
Islamic Worldview – 02
Worldview Islam 2 adalah kurikulum inti dan kompetensi utama bagi seluruh program studi di UNIDA. Sebagai lanjutan dari World Islam 2, mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan pandangan mengenai Islam sebagai syariah dan akhlak yang membentuk sistem ibadah, etika, dan hukum. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan (1) pengertian syariah dan konsep tasyri’, (2) konsep ibadah, akhlak, dan hubungan ibadah dengan akhlak, (3) konsep hukum dan maqashid syariah, dan (4) pandangan Islam tentang HAM. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri serta menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan berupa penulisan  makalah, presentasi, dan diskusi. Untuk media pembelajaran digunakan LCD, whiteboard, dan buku sumber; di antaranya Mahmud Shaltut, al-Islam Aqidah wa Syariah; al-Attas, Islam: Religion and Morality; Ahmad al-Risuni, Maqshid al-Syari’ah. Tahap penguasaan mahasiswa diukur melalui UTS dan UAS serta evaluasi terhadap penulisan tugas, presentasi, diskusi, dan absensi.

 

Studi Al – Hadist 2(2-0)
Study Al – Hadist
Mata Kuliah Studi Hadis ini dimaksudkan untuk memberi wawasan, cara pandang (worldview) mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dengan menggunakan prespektif ilmu-ilmu hadist, dan menegaskan bahwa hadist mengambil bagian penting sebagai sumber ilmu pengetahuan dan peradaban.
Sejarah Peradaban Islam Humaniora 2(2-0)
Civilization for Social Science
Materi ini menjelaskan tiga hal pokok: 1. Tentang Tradisi intelektual dalam Islam, 2. Sejarah Ilmu dalam Islam, 3. Sejarah lahirnya ilmu-ilmu Humaniora: Ilmu-ilmu Syari’ah, Politik Islam, Ekonomi Islam, Psikologi Islam, Komunikasi Islam, Sejarah, dan Manejemen Islam.

 

Epistemologi Islam 2(2-0)
 
Mata kuliah ini (Filsafat Ilmu dalam Islam) akan mengkaji dan mendalami, 4 pokok pembahasan: 1. Arti dan konsep Ilmu dalam Islam, 2. Klasifikasi ilmu dalam Islam, 3. Sumber ilmu dalam Islam, 4. Obyek Ilmu dalam Islam, 5. Proses Mengetahui

 

Sejarah Peradaban Islam dalam Sains dan Teknologi 2(2-0)
Civilization for Science and Technology
Materi kuliah ini tiga hal pokok: 1. Tradisi Intelektual dalam Islam, 2. Sejarah lahirnya ilmu-ilmu Syari, 3. Sejarah ilmu-ilmu exact (Matematika, Fisika, Kimia, Falak, Pertanian, Farmasi, Gizi dan Teknologi Islam).

 

Al Qur’an & Al Hadist untuk Agroteknologi 2(2-0)
Al Qur’an and Al HAdits for Agricultural Study
Perkuliahan ini membahas tentang Al Qur’an dan Al Hadist yang berkaitan dengan Agroteknologi.

 

Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Dasar dan Umum

 

Pendidikan Pancasila 2(2-0)
Pancasila
Perkuliahan ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan R.I dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Pendidikan Kewarganegaraan 2(2- 0)
Citizen Education
Mata kuliah ini mengkaji : (1) .Hak dan kewajiban warga negara (2) Pendidikan pendahuluan bela negara (3) Demokrasi Indonesia (4) Hak Asasi Manusia (5) Wawasan Nusantara sebagai Geopolotitik Indonesia (6) Ketahanan Nasional sebagai Geostrategi Indonesia (7) Politik dan Strategi nasional sebagai Implementasi Geostrategi Indonesia

 

 

Bahasa Indonesia 2(2-0)
Indonesian Language
Mahasiswa mendapatkan materi ragam bahasa tulis ilmiah dan cirinya; penulisan huruf, kata, paragraph, serapan, dan pemakaian tanda baca; pembentukan kata dan pemakaian bentukan kata dalam kalimat; pola kalimat baku, kalimat efektif, dan variasi kalimat; tata istilah, definisi, dan silogisme; syarat, jenis, dan pengembangan paragraf; pemilihan topik, tema, judul, dan penyusunan ragangan; bab pendahuluan, permasalahan, analisis, dan simpulan; pelengkap awal dan pelengkap akhir; pengetikan, pengutipan, dan pustaka.

 

Bahasa Inggris 2(2-0)
English
Review tentang tatabahasa Inggris (dibandingkan dengan tatabahasa Indonesia), reading skills (memahami tatabahasa dan isi bahan bacaan: jurnal, informasi teknis, buku, atau bentuk publikasi lainnya dalam bidang pertanian), writing skills (mampu menulis dan menerapkan tatabahasa yang benar baik dalam format surat bisnis, surat lamaran, ataupun laporan ilmiah yang berupa abstrak, ringkaran, dan poster).

 

Mata Kuliah Wajib Agroteknologi

 

Kimia Pertanian 3(2-1)
Agricultural Chemistry
Mata kuliah ini memberikan pengenalan tentang prinsip dasar kimia anorganik, kimia fisik, kimia analitik dan aplikasi kimia dalam bidang pertanian. Topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini adalah pengertian tentang zat, komposisi, struktur zat, unsur dan senyawa. Teori atom. Larutan dan konsentrasi. Teori asam basa, pH larutan, Stokiometri, Analisis volumetric, Konsep ikatan kimia, Reaksi-reaksi dalam molekul organic, senyawa biomolekul (karbohidrat, protein, lemak) dan senyawa alam lainnya (alkana, alkena, alkuna, alkohol, asam organik, ester, eter.), membahas tentang definisi dan ruang lingkup kimia pertanian (kimia pupuk dan pestisida).

 

Biologi 3(2-1)
Biology
Mata kuliah ini mempelajari Biologi sebagai ilmu, organisasi kehidupan, sejarah dan perkmebangan klasifikasi kehidupan, dunia tumbuhan, identifikasi dan klasifikasi tumbuhan dan peranannya di bidang pertanian.

 

Pengantar Ilmu Pertanian Terpadu Berkelanjutan 2(2-0)
Introduction to Sustainable Agriculture
Pembahasan arti dan sejarah perkembangan pertanian, sistem pertanian, kelembagaan pertanian, peranan pendidikan pertanian dan penerapan ilmu serta teknologi dalam pembangunan nasional, peranan sektor pertanian dalam pembangunan nasional, pangan, kesejahteraan penduduk, hak asasi manusia dan lingkungan, pertanian masa depan (pertanian terpadu dan berkelanjutan) dan kebijakan nasional, serta kesepakatan global di bidang pertanian.

 

Dasar – Dasar Agronomi 3(2-1)
Basic In Agronomy
Pengertian pertanian dan agronomi beserta ruang lingkup dan peranannya dalam pembangunan pertanian, asal penyebaran dan penggolongan tanaman pertanian, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, perbanyakan tanaman, teknik budidaya tanaman, penggunaan teknologi maju dalam bidang pertanian, panen dan persiapan pasca panen, manajemen tanaman (proses dasar dan faktor penentu produksi tanaman), sistem pertanaman (macam dan pengertian berbagai sistem pertanaman) dan berbagai usaha budidaya menuju sistem pertanaman berkualitas, berkelanjutan dan menguntungkan (profitable).

 

Botani 3(2-1)
Botany
Mata kuliah ini mencakup morfologi dan anatomi tumbuhan tingkat rendah sebagai pengenalan dasar dan tumbuhan tingkat tinggi sebagai pokok subjek bidang pengajaran. Tumbuhan tingkat tinggi mencakup morfologi dan anatomi tumbuhan dikotil dan monokotil dari akar, daun dan batang hingga bunga.
Prasyarat : Biologi

 

Ilmu Tanah 3(2-1)
Soil Science
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian media tumbuh, bahan, fungsi dan peranan media tumbuh, macam dan pemanfaatan media tumbuh, perhitungan kebutuhan nutrisi, aspek-aspek dinamika hubungan antara media tumbuh dengan tanaman.

 

Agroklimatologi 3(2-1)
Agroclimatology
Membahas aspek iklim yang berhubungan dengan permasalahan pertanian, ruang lingkup, Analisis dan penggunaan data iklim untuk dasar strategi penyusunan perencanaan pengelolaan usahatani atau pengembangan pertanian di suatu wilayah.

 

Manajemen Usahatani 2(2-0)
Farming Management
Mata kuliah ini menjelaskan tentang manajemen dengan segala dinamikanya, sejarah perkembangan manajemen serta diuraikan tentang klasifikasi konsep pemikiran manajemen.

 


 

 

Statistika Pertanian 2(2-0)
Agricultural Statistic
Kuliah ini merupakan kuliah untuk memahami arti penting statistik sebagai alat bantu, model penyajian data, defenisi dan pengertian modus, mean, median, batas atas-bawah, konsep sampling dalam ilmu pertanian, mehami konsep dasar probabilitas dandistribusi dalam ilmu pertanian, konsep dasar sampling dan perkiraan, jenis model hipotesis/pengambilan keputusan, pengertian dan konsep regresi, regresi sederhana, regresi berganda, variabel acak dan nilai harapan, distribusi teoritis, pengajuan hipotesis dan penarikan sample dan pendugaan.

 

Fisiologi Tanaman 3(2-1)
Plant Physiology
Mata kuliah ini membahas tentang peran air bagi tumbuhan: penyerapan dan pengangkutan air serta transpirasi. Dalam metabolisme dibahas tentang enzim, fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis mencakup reaksi cahaya, reaksi gelap dan faktor-faktor yang berpengaruh. Respirasi mencakup glikolisis, siklus Krebs faktor-faktor yang berpengaruh dan respirasi cahaya. Pengangkutan hasil fotosintesis, jalur dan teori pengangkutan. Respons tumbuhan terhadap lingkungan abiotik dan biotik. Pemahaman fisiologi sebagai dasar bagi sistem produksi biomassa dan sistem budidaya pertanian. Faktor tanaman yang berpengaruh terhadap proses fisiologis, pertumbuhan dan hasil tanaman meliputi arsitektur tajuk, hubungan sumber dan lubuk tanaman. Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap proses fisiologis, pertumbuhan dan hasil tanaman berupa air, cahaya, dan suhu.

 

Biokimia 3(2-1)
Biochemistry
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang (1) Proses biokimia dan alur biosintesis, biosintesis pada dinding sel, asimilasi nitrat dan sulfat, serta metabolit sekunder pada tumbuhan (2) Struktur dan biosintesis asam amino dan protein, gula dan karbohidrat, serta lipid.

 

Keanekaragaman Hayati 2(2-0)
Biodiversity
Mata kuliah ini mencakup pokok pembahasan : pengertian arti penting keanekaragaman hayati, pandangan islam tentang keaneka ragaman hayati, keaneka ragaman hayati global dan Indonesia, permasalahan dan tantangan pelestarian keanekaragaman hayati dunia dan Indonesia, keanekaragaman hayati dan arti penting dalam pertanian, pengelolaan hama dan penyakit, analisa dan prediksi keanekaragaman hayati, pertanian berwawasan keanekaragamandan lingkungan, bioteknologi dan keaneka ragaman hayati, serta diskusi kelompok mengenai tema terkini dalam keanekaragaman hayati indonesia dan global.

 


 

 

Kesuburan Tanah dan Pupuk Pemupukan 3(2-1)
Soil Fertility and Fertilization
Mata kuliah ini mengenai konsep-konsep dasar kesuburan tanah dan pemupukan yang efektif dan efisien dalam hubungannya dengan peningkatan pertumbuhan serta hasil tanaman secara berkelanjutan.

 

Perlindungan Tanaman Terpadu 2(2-0)
Integrated Plant Protection
Mata kuliah ini membahas mengenai ruang lingkup permasalahan perlindungan tanaman pertanian, mengenal jenis-jenis organisme penting pengganggu tanaman (OPT) yang meliputi: hama, penyakit dan gulma, keterampilan dasar teknik pengendalian OPT (mekanis, fisik,kimia, biologi, kultur teknis dan genetik) dan perlindungan tanaman pertanian terpadu.

 

Manajemen Agribisnis 2(2-0)
Agribussiness Management
Matakuliah ini membahas konsep-konsep, teori-teori yang diterapkan dalam manajemen agribisnis kaitannya dengan mata kuliah lainnya. Pembangunan pertanian kaitannya dengan pengembangan agribisnis di Indonesia; Agribisnis sebagai suatu sistem, karakteristik usaha di bidang agribisnis; Kajian parsial terhadap sistem agribisnis, dan interlinkages antar subsistem dalam sistem agribisnis; kelembagaan agribisnis; Sistem agroindusti mulai dari hulu sampai dengan hilir; kewirausahaan dalam agribisnis dan perencanaan usaha di bidang agribisnis; merancang dan memilih jenis usaha dalam wirausaha Agribisnis (Business Plan); manajemen produksi dalam agribisnis; manajemen pemasaran dalam agribisnis; manajemen keuangan dalam agribisnis; manajemen resiko dalam agribisnis; Kerjasama manajemen dalam bidang agribisnis (kemitraan usaha).

 

Teknologi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura 3(2-1)
Food and Horticultural Crop Production Technology
Mata kuliah ini membahas teknik produksi tanaman hortikultura (sebagai ilmu, seni dan bisnis), juga tanaman pangan. Sistem produksi tanaman akan dibahas secara skala usaha kecil dan skala usaha besar.

 

Mikrobiologi Pertanian 3(2-1)
Agricultural Microbiology
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang: (1) Pengertian dan ruang lingkup mikrobiota dan mikrobiologi pertanian; (2) Taksonomi  mikrobiota berdasar tipe dan karakteristik sel dan susunan molekular genetik, dan virus sebagai jasad non selular; (3)  Karakteristik utama, diversitas dan peran agro-fungsional Bakteri , Archaea, mikrobiota Eukarya (Fungi, Algae, dan Protozoa), Eukarya meso dan makro-fauna, dan Virus; (4) Metode-metode untuk mempelajari mikrobiota; (5) Physiology mikrobiota dan implikasinya dalam ekosistem; (6) Interaksi biotik mikrobiota; (7) Mikrobiologi terapan dalam bidang pertanian, (8) Struktur komunitas mikrobiota dan microbial process dalam berbagai ekosistem lahan pertanian. Selain itu membekali mahasiswa dengan ketrampilan mempraktekkan metode-metode untuk mempelajari mikrobiota.

 

Genetika Tanaman 3(2-1)
Agricultural Genetic
Mata kuliah genetika merupakan mata kuliah prasyarat untuk matakuliah pemuliaan tanaman. Mata kuliah ini berisi pengenalan ilmu genetika, siklus hidup sel, pembelahan mitosis dan meiosis, kromosom, macam-macam pola pewarisan, tautan gen, pindah silang dan pemetaan genetik, genetika populasi, struktur DNA, transkripsi dan translasi, serta konsep mutasi dan evolusi. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharap dapat memahami konsep genetika baik secara konvensional maupun molekular.

 

Pengelolaan Air Untuk Pertanian 3(2-1)
Agricultural Water Management
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air tanaman, metoda perhitungan kebutuhan air tanaman, perhitungan kebutuhan air irigasi, optimasi dan efisiensi pemanfaatan air irigasi, distribusi pemberian air (sistem genangan, sistem golongan, sistem giliran/rotasi, metode pemberian air irigasi (bawah permukaan, irigasi permukaan, sprinkler irrigation dan trickle irrigation), metode pengukuran debit air irigasi, klasifikasi dan bangunan irigasi, perancangan jaringan irigasi, latihan simulasi/diskusi.

 

Hama dan Penyakit Tanaman 3(2-1)
Plant Pest and Disease
Mata kuliah ini mencakup pokok bahasan : pengertian dan konsep hama dan penyakit, hama dan penyakit dalam tinjauan Islam, morfologi dan klasifikasi hama tanaman, gejala serangan hama, agen yang digolongkan dalam hama, morfologi dan klasifikasi penyakit, gejala penyakit dan kerusakannya, parasitisme dan pengembangan penyakit, agen penyebab penyakit, prinsip pengendalian hama dan penyakit, interaksi antar patogen dan diskusi kelompok tentang hama dan penyakit baik dalam pandang Islam maupun sains modern.

 

Agropreneurship 2(1-1)
Agropreneurship
Matakuliah ini membahas konsep-konsep, teori-teori yang diterapkan dalam kewirausahaan kaitannya dengan mata kuliah lainnya. Pembangunan pertanian kaitannya dengan pengembangan kewirausahaan bidang pertanian di Indonesia; karakteristik usaha di bidang pertanian; kajian parsial terhadap kewirausahaan dan interlinkages antar subsistem dalam sistem; kelembagaan agribisnis; sistem agroindusti mulai dari hulu sampai dengan hilir; kewirausahaan dalam bidang pertanian dan perencanaan usaha di bidang pertanian; merancang dan memilih jenis usaha dalam wirausaha bidang pertanian (Business Plan); manajemen produksi dalam wirausaha bidang pertanian; manajemen pemasaran dalam wirausahabidang pertanian ; manajemen keuangan dalam wirausaha bidang pertanian; manajemen resiko dalam wirausaha bidang pertanian; kerjasama manajemen dalam bidang wirausaha bidang pertanian (kemitraan usaha).

 

Penyuluhan Pertanian 3(2-1)
Agricultural Counseling
Mata kuliah ini adalah sebagai bagian integral pembangunan pertanian.  Kegiatan penyuluhan harus dapat mengakomodasikan aspirasi dan peran aktif petani dan pelaku usaha pertanian. Penyuluhan pertanian adalah proses pembelajaran bagi petani dan keluarganya serta pelaku usaha pertanian lainya agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi,permodalan dan sumberdaya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya.

 

Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan 3(2-1)
Plantation Production Technology
Pengertian, Ruang lingkup Tanaman Tahunan, Kriteria Tanaman Buah-buahan,Tanaman Perkebunan, Tanaman Industri, Kehutanan, Teknik produksi, Managemen produksi, Tehnik Penanganan Panen dan pasca panen. Komoditas teh, kopi, kelapa, kelapa sawit, kakao, tebu, tanaman buah-buahan, tanaman industri kehutanan).

 

Nutrisi Tanaman 3(2-1)
Plant Nutrition
Pembahasan tentang peranan unsur hara tanaman dalam proses fisiologis dalam tubuh tanaman; perkembangan perakaran; penyerapan hara oleh akar, pengangkutan dan penyebaran unsur hara di dalam tubuh tanaman; penyerapan hara lewat daun; kekahatan dan kelebihan hara; kadar hara kritis di dalam tubuh tanaman dan faktor yang mempengaruhi.

 

Metode Pemuliaan Tanaman 3(2-1)
Plant Breeding Method
Mata kuliah ini membahas pengertian, ruang lingkup dan peranan pemuliaan tanaman, ilmu dan seni dalam pemuliaan tanaman, konsep biologi yang melandasi pemuliaan tanaman, analisis genetic dalam pemuliaan tanaman, metoda pemuliaan tanaman, teknik-teknik dalam pemuliaan tanaman, pemuliaan molekuler (molecular breeding) dan perencanaan program pemuliaan.

 

Konservasi Tanah dan Air 3(2-1)
Soil and Water Conservation
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup rekayasa sumberdaya air dan lahan, konservasi dan lingkungan, erosi dan pengendaliannya, proses terjadinya erosi dan bentuk erosi, faktor-faktor yang mempengaruhi erosi, pengaruh erosi terhadap kualitas lahan, cara pengendalian erosi, pendugaan erosi, metode pengukuran erosi, air tanah, pengelolaan lahan pertanian berwawasan konservasi tanah dan air, studi kasus, praktikum dan diskusi mahasiswa.

 

Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu 3(2-1)
Integrated Pest and Disease Management
Konsep pengelolaan hama dan penyakit terpadu, Islam dan konsep keterpaduan pengelolaan hama, economic injury level, ekosistem dan OPT, interaksi ekologi hama dan penyakit, pestisida , biological control, behavioral control, physic and mechaninc.

 

Rancangan Percobaan 2(2-0)
Experimental Design
Kuliah ini akan memperkenalkan metoda-metoda dasar untuk mendesain penelitian, menganalisa data, dan menyimpulkan data hasil penelitian pada bidang pertanian. Uji homogenitas dua varian (distribusi F), teori contoh untuk uji homogenitas banyak rerata dan analisis varian. Pengertian istilah dalam rancangan percobaan, model linier (acak sempurna, acak berblok lengkap, bujur sangkar latin), asumsi dalam analisis varian, pengujian, dan transformasi data, perbandingan antar rerata (tidak berstruktur, pembandingan orthogonal, analisis kecenderungan). Percobaan faktorial, pengertian rancangan perlakuan vs. rancangan lingkungan, pengaruh sederhana, utama, dan interaksi. Model acak, pasti, dan campuran. Rancangan perlakuan dengan perpautan beraras bilangan prima. Percobaan petak terbelah, pengamatan berulang, dan variasinya. Analisis kovarian.

 

Panen dan Pasca Panen 3(2-1)
Post Harvest Handling
Mata kuliah ini membahas tentang fisiologi pascapanen produk pertanian tanaman pangan, hotikultura, perkebunan, ternak dan ikan; dasar-dasar penanganan pascapanen yang meliputi batasan dan ruang lingkup penanganan pascapanen; teknik pemanenan; teknik penanganan pascapanen yang meliputi sifat fisikokimia bahan dan sistem penanganan pascapanen termasuk alat dan mesin pascapanen; pengendalian hama dan penyakit pascapanen; prinsip pengawetan dan pengolahan pangan; pengemasan, penyimpanan, dan pengangkutan; standar dan analisis mutu produk pertanian.

 

Teknologi Benih 3(2-1)
Seed Technology
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan peranan teknologi benih, biologi dan fisiologi benih, viabilitas, vigor, dormansi, deteriorasi, produksi benih, pengujian benih, perlindungan benih, pengolahan benih, penyimpanan benih, sertifikasi benih dan pemasaran benih.

 

Agroekologi 3(2-1)
Agroecology
Ekologi pertanian, ruang lingkup dan cakupan ekologi pertanian, dan perkembangannya, konsep agroekosistem dan komponen-komponen agroekosistem, perkembangan ekosistem, cahaya dan pengaruhnya terhadap tumbuhan, air, atmosfer, serta peranannya untuk tumbuhan, suhu dan pengaruhnya terhadap tumbuhan serta strategi adaptasi terhadap suhu ekstrim, topografi dan tanah serta peranannya bagi tumbuhan, sebaran dan adaptasi berdasarkan keadaan topografi dan tanah, cekaman lingkungan dan alelopati, faktor biotik dan interaksinya, faktor biotik dan interaksinya, kompetisi interspecies, kompetisi intraspecies, vegetasi, karakteristik dan sebarannya, limbah dan pencemaran lingkungan.

 

Mekanisasi Pertanian 3(2-1)
Agricultural Machinery
Teori Mekanika Teknik; Energi, Mesin dan Motor Penggerak ; Pengetahuan fungsi dan prinsip kerja dari Material peralatan dan komponen mesin pertanian untuk kegiatan pertanian dari penyiapan lahan, pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, dan panen serta pasca panen; Teori Rancang Bangun Komponen mesin pertanian ; Teori Lay Out dan Ekonomi Alat dan Mesin Pertanian

 

Praktek Kerja Lapangan 2(0-2)
Internship
Melakukan kerja praktek pada perusahaan, industri atau pada lembaga penelitian dan dinas-dinas/instansi yang bergerak atau berkaitan dengan bidang pertanian.

 

Metodologi Penelitian 2(2-0)
Research Methodology
Mata kuliah ini membahas tentang konsep penelitian ilmiah, metode ilmiah, jenis-jenis penelitian, desain penelitian, desain percobaan, teknik sampling, penyusunan proposal penelitian dan penulisan laporan penelitian dan naskah publikasi ilmiah serta seminar. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharuskan menyusun proposal penelitian tugas akhir yang harus dipresentasikan (seminar) dan dinilai oleh beberapa staf pengajar.

 

Seminar 1(0-1)
Seminar
Mata kuliah ini menelaah topik pertanian yang sedang berkembang (current isuues) berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kemudian dikaji berdasarkan nilai-nilai Islam. Hasil kajian tersebut kemudian dibuat makalah ilmiah, dipresentasikan atau diseminarkan dan didiskusikan di dalam kelas.

 

Mata KuliahPilihan

Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman 2(1-1)
Plant Growth and Development
Stadia Pertumbuhan. Kurva sigmoid. Peran fitokrom dan hormon sebagai pengendali proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Asam nukleat dalam penngendalian pertumbuhan. Analisis pertumbuhan: meliputi cara pengamatan, perhitungan. Hubungan antar variable pengamatan kaitannya dengan hasil. Pembelahan sel, pembesaran sel, dan diferensiasi sel. Pembentukan biji. Faktor tanaman yang berpengaruh terhadap proses fisiologis, pertumbuhan dan hasil tanaman. Aplikasi pengetahuan yang tergali dalam perkulihan ini dalam pengelolaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman di lapangan.

 

Kultur Jaringan 3(2-1)
Plant Tissue Culture
Sejarah, manfaat dan macam budidaya jaringan, organisasi dan fasilitas laboratorium, media tanam, teknik pelaksanaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

 


Hidroponik
2(1-1)
Hydroponic
Membahas budidaya tanaman pada medium bukan tanah, sejarah dan perkembangan hidroponik, macam hidroponik, alasan penerapan hidroponik, rumah kaca dan rumah plastik, jenis tanaman yang sesuai, pembibitan, macam media tanam, wadah dan tempat untuk hidroponik, nutrisi hidroponik, pemeliharaan tanaman, panen dan pasca panen, hidroponik dan aeroponik sebagai peluang usaha dan penelitian.

 

Ilmu Gulma dan Bio-herbisida 2(1-1)
Weed Science and Bio-herbicide
Konsep, terminologi gulma, pengertian/ konsep, dan batasan gulma.Pengelompokan gulma berdasarkan habitat, keganasannya, dan reproduksinya.Identifikasi gulma. Dasar-dasar taksonomi gulma. Deskripsi dan identifikasi gulma, cara perkembangbiakan gulma: secara generatif atau vegetatif, asosiasi yang penting pada gulma.Tipe-tipe : protokooperatif, netralisme, amensalime.Ekologi gulma, cara-cara penyebaran Gulma, alelopati dan pengaruhnya.Masa-masa kritis tanaman bila berkompetisi dengan gulma.

 

Lanskap Hortikultura 2(1-1)
Landscape Horticulture
Mata kuliah ini membahas proses disain suatu lanskap secara komprehensif dengan komponen-komponen pendukungnya, mulai dari kreativitas dalam ide desain sampai ke disain yang sustainable. Prinsip-prinsip disain dan elemen-elemen dasar lanskap dikembangkan secara kreatif dalam mendisain suatu lanskap. Penyusunan dokumen rencana kerja dan syarat-syarat dalam pekerjaan lanskap serta menghitung anggaran biaya untuk proyek lanskap.

 

Teknologi Produksi Tanaman Hias 2(1-1)
Floral Plant Production Technology
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mahasiswa tentang teknologi – teknologi budidaya yang dapat meningkatkan produksi tanaman hias, kriteria tanaman hias ruangan, luar ruangan, tanaman hias daun, tanaman hias bunga sampai dengan teknik pasca panen dan pemasaran tanaman hias.

 

Teknologi Produksi Tanaman Obat 2(1-1)
Medicinal Plant Production Technology
Mata kuliah ini mencakup penerapan budidaya tanaman dan penggunaan simplisia rhizome/rimpang tanaman obat-obatan. Produksi dan produktivitas tanaman herbal di Indonesia, teknologi budidaya berbagai tanaman herbal (persiapan bibit, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan dan panen). Teknologi pasca panen dan bahan obat terstandar. Pengelolaan panen dan pasca panen serta pemasaran hasil olahan tanaman herbal. Pembahasan tentang bahan aktif obat, metabolisme sekunder tanaman. Tinjauan tentang farmakognosi, biosintesis bahan tanaman: karbohidrat, glikosida, lipida, atsiri, resin, alkaloida. Tinjauan botani, manfaat, ekofisiologi, budidaya, hama dan penyalit, panen dan pengolahan hasil beberapa tanaman obat, rempah, aromatik.

 

Teknologi Produksi Tanaman Buah 2(1-1)
Fruits Production Technology  
Mata kuliah ini menjelaskan tentang peran buah-buahan dalam ekonomi nasional, kesehatan dan pendapatan petani. Konsep buah-buahan unggulan, faktor-faktor luar yang mempengaruhi produksi tanaman buah-buahan, pruning dan training tanaman, pembungaan, perkembangan buah, buah off-season. Pembibitan, perencanaan dan pengelolaan kebun buah-buahan, pemeliharaan, pemanenan dan pasca panen. Aspek budidaya tanaman buah-buahan penting; mangga, apel, jeruk, salak, manggis, nangka dsb.

 

Pertanian Organik 2(1-1)
Organic Farming
Definisi dan pengertian serta dasar-dasar pertanian organik; Unsur-unsur, proses, sistem dan perkembangan pertanian organik; pengelolaan bahan organik/humus, pupuk in-situ, pupuk ex-situ, kompos, vermi-kompos;biopestisida; managemen pengelolaan pertanian organic berkelanjutan; membuat bentuk/ model simulasi; contoh-contoh kasus dan aplikasi. Faktor-faktor biotik, abiotik dan manusia dan interaksinya yang mempengaruhi proses dan perkembangan pertanian organik; Managemen pengelolaan unsur hara (biofertilizer) dan pertanian organik berkelanjutan. Membuat bentuk/model/merancang/ simulasi dari contoh-contoh kasus dan aplikasi

 

Teknologi Pupuk Hayati 3(2 / 1)
Biofertilizer Technology
Kuliah ini mengenai teknologi pemanfaatan mikroba dalam konteks menunjang pertumbuhan tanaman dalam dunia pertanian, perkebunan, kehutanan, aquaculture dan hidroponik. Cakupan kuliah meliputi fenomena interaksi mikroba dengan tanaman meliputi pemenuhan suplai unsure hara dan fitohormon maupun memperbaiki kualitas fisik tanah sehingga meningkatkan kemampuan tanaman dalam penyerapan unsur hara. Bagian awal membahas konsep-konsep interaksi mutualistik antar amikroba dan tanaman yang terjadi di alam dalam fenomena nodulasi, mikorhiza, endofit dan rhizosfir. Cakupan mekanisme yang terlibat yakni fiksasi nitrogen, produksi fitohormon, pelarutan fosfat, induksi ketahanan, antagonis mepenyakit, dan perbaikan struktur fisik tanah. Bagian berikutnya membahas aspek teknis produksi pupuk mikroba mulai dari isolasi mikroba, penyiapan inokulum, sampai produksi skala besar. Terkait dengan ini juga dicakup teknik penyiapan substrat sebagai bahan baku sampai formulasi produk akhir. Pembahasan juga mencakup perancangan bioreactor dan sistim produksinya dalam skala besar.

 

Survei Tanah dan Kesesuaian Lahan 3(2 -1)
Soil Survey and Land Suitability
Mata kuliah ini membahas tentang peranan survei dan pemetaan tanah dalam hubungan dengan perencanaan penggunaan lahan, uraian tanah dan perbedaan tanah akiibat pengaruh faktor pembentukan tanah, macam-macam survei tanah, cara survei tanah, metoda survei tanah, pelaksnaan survei pemetaan tanah, interpretasi survei tanah untuk keseuaian lahan, kemampuan lahan, kesesuaian lahan untuk irigasi, untuk penggunaan non pertanian, penggunaan model survei tanah dengan komputer. pembuatan model potensial produksi pertanian dalam kesesuaian lahan dan lain-lain.

 

Pestisida dan Biopestisida 2(1-1)
Pesticide and Biopesticide
Mata kuliah ini mencakup  pokok pembahasan:  prinsip dan pengertian pestisida, nilai ekonomis pestisida, formulasi dan bahan penyusun pestisida, label dan pentingnya label, teknologi aplikasi pestisida, jenis pestisida dan kesesuain OPT, pengaruh negatif terhadap lingkungan, pengertian dan konsep biopestisida, pengenalan bahan penyusun pestisida, bahan pestisida non nabati, pesticida nabati, organisme pengendali hama dan penyakit, teknik aplikasi biopestisida, tumbuhan dan hewan berpotensi biopestisida dan konsep islam dalam pestisida dan biopestisida.
 
Klinik dan Karantina Tumbuhan 2(20)
Plant Clinic and Quarantine
Mata kuliah ini mencakup pokok pembahasan: arti penting klinik dan karantina tumbuhan, permasalahan global dan nasional dalam tumbuhan, nilai ekonomis klinik dan karantina, teknik diagnosa penyakit dan hama tanaman, model dan teknologi karantina tumbuhan, teknik introduksi tanaman antar wilayah dan antar negara,  dan diskusi kelompok mengenai permasalahan global dan nasional tentang isu isu strategis karantina tumbuhan.

 

Entomologi 2(1-1)
Entomology
Pendahuluan; Struktur dan Fungsi Serangga; Perkembangan dan Reproduksi Serangga; Klasifikasi Serangga; Serangga dan Lingkungannya; Serangga Berguna; Prinsip Pengendalian Serangga; Strategi Pengendalian Serangga; Pengendalian Kimiawi; Aplikasi Insektisida; Topik Pilihan : Pengendalian Serangga Hama di Pertanian.