Laboran Agoteknologi UNIDA Gontor Ikuti BIMTEK Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti

Bimtek Dikti

Bogor – Laboran Agoteknologi, Ustadzah Hanifa Muslima, S.TP. mengikuti kegiatan BIMTEK (Bimbingan Teknik) Pranata Laboratorium Pendidikan Kategori Ketrampilan Bidang Biologi/Mikrobiologi di Hotel Onih, Bogor.

Bimtek yang dilaksanakan selama 4 hari dari Selasa – Jum’at, 13-16 Agustus 2019 diikuti oleh 45 laboran dari 39 PTN/PTS di Indonesia. Keikutseraan dalam Bimtek ini adalah berdasarakan tindak lanjut surat dari Direktorat Karier dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti pada 11 Maret 2019 lalu.

Narasumber kegiatan ini terdiri dari 5 orang pemateri antara lain Tri Joko Raharjo dari (Universitas Gadjah Mada), Komar Sutriah (Institut Pertanian Bogor), Andi Setiawan (Universitas Lampung), Bambang Supriatno (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Kunto Purbono (Politeknik Negeri Semarang)

Materi yang diberikan dalam Bimtek tersebut antara lain : Standarisasi Laboratorium Berbasis ISO/IEC 17025, Pengelolaan Metode Kerja Laboratorium  Kimia (instrument dan Non instrument), Pengeloaan Peralatan Laboratorium, Pengelolaan Lingkungan Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Pengeloaan Limbah, Sistem Dokumentasi Kegiatan Laboratorium (Instruksi Kerja, Formulir dan Rekaman), Kunjungan  Laboratorium, Penjamin Mutu Kegiatan dan Pengelolaan Bahan Laboratorium.

Tujuan dari diadakanya Bimtek ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi laboratorium melalui pengembangan sumberdaya manusia yang mengelola laboratorium dengan dilakukan pengembangan sistem karir melalui jabatan fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Diharapakan laboran dapat memahami dan menerapkan pengelolaan laboratorium berbasis standar manajemen mutakhir.

Stanadar manajemen yang dimaksud adalah laboratorium  harus memiliki dan menerapkan standar sistem mutu pengelolaan agar seluruh sumber daya yang ada dikelola secara profesional, berorientasi kepada laboratorium yang kompeten. Kemudian mampu menghasilkan data yang valid atau prototype produk yang bermutu dengan memperhatikan aspek persyaratan keselamatan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan secara berkelanjutan. Sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, BIOSAFETY, Good Laboratory Practices, ISO-9001, ISO-14000, ISO-15189, atau ISO/IEC 17025 merupakan standar yang perlu dipertimbangkan untuk diterapkan di laboratorium.