Launching Unit Usaha Mitra IbM Program Studi Agroteknologi

Ponorogo – “Terima Kasih saya ucapkan kepada pihak UNIDA, setelah melalui jatuh bangun alhamdulillah pada hari ini KPD Sumber Waras bisa Launching Produk berupa bibit buah. Semoga Allah membalas amal baik bapak dan ibu dosen sekalian”. Ungkap drg. Hj. Rahayu Kusdarini, M. Kes, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Kamis (7/9).

Acara Launching Produk “Sumber Bibit Buah” KPD Sumber Waras dilaksanakan di Desa Broto Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo tepatnya di halaman rumah Bapak Hanwar.  Produk ini merupakan kerja sama antara Puskemas Slahung dan Program Studi Agroteknologi UNIDA Gontor. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ponorogo,Kepala Puskesmas Slahung, Camat Slahung, Kepala Desa Broto, Kapolsek Slahung, Dekan Fakultas Saintek UNIDA, Ketua LPM UNIDA serta jajaran dosen Agroteknologi dan staf Puskesmas Ponorogo.

KPD (Kelompok Perawatan Diri) Sumber Waras merupakan kelompok pengidap penyakit kusta yang mendapat binaan dari Puskesmas Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Kelompok ini didirikan pada tahun 2014  yngberanggotakan 30 orang. Pembentukan KPD tak lain adalah untuk membina serta mengembalikan kepercayaan para penderita agar tidak canggung untuk bergaul ditengah masyarakat. Salah satu membinaan yang diadakan adalah pembibitan tanaman buah antara lain Kelengkeng, Alpukat dan Jambu.Sebelumnya diadakan juga pelatihan mengayam sapu, cikrak, dan kerajianan lainya, namun tidak membuahkan hasil.

Pembibitan buah dengan perbanyakan vegetatif diprakasai oleh Program Studi Agroteknologi UNIDA Gontor. Kegiatan ini mendapat hibah dari Kementrian DIKTI yang diajukan oleh Ibu Luthfy Ditya Cahyanti, S. P, M. P., salah satu dosen Agroteknologi UNIDA Gontor. Bimbingan perbanyakan tanaman dilakukan setiap seminggu sekali terhitung dari tanggal 24 Juli 2017. Selain itu juga diadakan pelatihan pembuatan kompos dan MOL yang telah sekitar bulan maret lalu. IbM ini terlaksana atas pendanaan DRPM Ristekdikti.

Dalam sambutanya Al-Ustadz Fajar Pramono selaku Ketua LPM UNIDA Gontor menyampaikan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Semenjak berganti nama dari Institut Studi Islam Darussalam (ISID) menjadi Universitas Darussalam (UNIDA), pengabdian masyarakat tidak hanya dilakukan dalam  bidang keagamaan akan tetapi meluas ke ranah lain. Hal ini disebabkan bertambahnya fakultas baru seperti Fakultas Ekonomi Manajemen, Humaniora, Sains dan Teknologi serta Fakultas Kesehatan. Hal ini adalah peluang bagi para dosen dan mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pemberdayaan masyarakat.

Launcing Produk ini ditutup dengan pendatangan MOU antara KPD Sumber Waras dengan Ponorogo Organic Center (POC). Harapannya, KPD Sumber Waras bisa mandiri dan mampu menghasilkan produk yang laku dipasaran. Produk ini juga bisa menjadi usaha yang berkelanjutan serta menunjang perekonomian pedesaan.[Iqbal Munir]

Berita Terkait : IPTEK Bagi Masyarakat (IbM) Penyandang Kusta di Kecamatan Slahung