Mahasiswa Agroteknlogi Juara LKTI Nasional 2019

Mahasiswa Agroteknologi Juara LKTI Nasional

Tim LKTI utusan dari Agroteknologi UNIDA Gontor, sukses raih juara 2 pada rentetan acara Munas Formatani (Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

LKTI ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi di seluruh universitas di Indonesa. Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, dimulai dari seleksi abstrak, seleksi LKTI, sampai kepada presentasi final 10 besar Karya terbaik.

Tim Agroteknologi UNIDA Gontor, terdiridari Muhamad Iqbal Munir (AGT 2016) sebagai ketua tim, Topan Adi Pondra (AGT 2016) sebagai anggota 1, dan Muhammad Rizqi Cahyadi (AGT 2016) sebagai anggota 2.

Tema yang diangkat pada LKTI ini adalah Solusi Alih Fungsi Lahan dengan Penerapan Smart Farming di Perkotaan. Judul yang dibawa oleh tim UNIDA Gontor adalah “Penerapan Teknologi Nano bubble Berbasis IoT (Internet of Things) Pada Sistem Budidaya Aquaponik, untuk Memenuhi Kebutuhan Pangandan Menanggulangi Pencemaran Air di Perkotaan”. Manurut dewan juri, gagasan yang diangkat sangat inovatif, bias mengintegrasikan antara penanggulangan krisis pangan dan krisis air di perkotaan.

Adapun pada lomba LKTI ini, Juara 1 diraih oleh UNS (Universitas Sebelas Maret), Surakarta, juara 2, UNIDA Gontor, danjuara 3 diraih oleh UNPAD (Universitas Padjajaran), Bandung.

Acara LKTI ini, merupakan  acara kedua dari acara Munas setelah sebelumnya dilaksakan acara Seminar Nasional Agroteknologi. Kemudian acara dilanjutkan dengan  Munas Formatani. Formatani adalah organisasi nasional yang mewadahi seluruh mahasiswa Agroteknologi/Agroteknologi di Indonesia. Melalui Munas ini akan dibahas evaluasi, perancangan program kerjauntuk 2 tahun kedepan serta pergantian pengurus baru Formatani.