MAHASISWA AGROTEKNOLOGI ADAKAN KUNJUNGAN KE BPTP

Untuk memperkenalkan mahasiswa pada teknologi pertanian terkini, program studi Agroteknologi mengadakan kunjungan ke BPTP Jawa Timur dan Balittasdi Karangploso, Batu. Acara kunjungan yang diadakan pada tanggal 5 April 2017 ini diikuti mahasiswa program studi Agroteknologi semester 4 dan semester 6.
Di BPTP Jawa timur mahasiswa belajar tentang teknologi Hidroponik. Materi hidroponik disampaikan oleh bapak Ir. Handoko, M.Sc.Pengenalan hidroponik sendiri perlu untuk dipelajari karena hidroponik merupakan teknik budidaya yang tidak membutuhkan tanah,penggunaan air yang lebih efisien karena air akan terus bersirkulasi di dalam sistem dan bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya dijadikan akuarium, Pengendalian nutrisi lebih sederhana sehingga nutrisi dapat diberikan secara lebih efektif dan efisien, relatif tidak menghasilkan polusi nutrisi ke lingkungan memberikan hasil yang lebih banyak, mudah dalam memanen hasil, hasil yang didapatpun akan lebih bersih dan steril.
Diharapkan dengan materi hidroponik yang diberikan di BPTP Jawa Timur akan memberikan motivasi mahasiswa untuk lebih aktif lagi dalam menjalankan unit hidroponik yang telah ada di kampus. Dalam sesi ini, mahasiswa tampak aktif dalam memberikan pertanyaan kepada pemateri sehingga suasana lebih hidup.

Materi yang kedua adalah materi panen dan pasca panen yang dilaksanakan di laboratorium pasca panen BPTP Jawa Timur. Di laboratorium pasca panen, mahasiswa praktek secara langsung pengolahan hasil pertanian diantaranya pembuatan mie buah naga, stik bayam dan es krim ubi jalar ungu. Mahasiswa antusias dalam praktek pembuatan olahan hasil pertanian. Diharapkan dengan terobosan-terobosan olahan hasil pertanian akan meningkatkan nilai jual dan daya simpan hasil pertanian dibandingkan hanya dijual dalam keadaan segar.

Kunjungan kedua setelah BPTP Jawa Timur adalah Balai Tanaman Pemanis dan Serat. Rombongan mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Darussalam Gontor diterima langsung oleh Kepala Balittas, Ir. Emy Sulistyowati, MAg, Ph.D. Di Balittas, mahasiswa Agroteknologi mendapatkan materi berbagai komoditas tanaman serat yang menjadi wewenang dari Balittas, diantaranya tanaman pemanis, tanaman serat buah, tanaman serat daun dan tanaman serat batang. Tanaman serat batang dan daun yang meliputi kenaf dan sejenisnya, rami, abaca, sisal dan mendong merupakan komoditas yang berpotensi untuk bahan indutri kertas dan pulp. Untuk komoditas tanaman serat buah yang diperkenalkan adalah tanaman kapas. Sampai saat ini, Balittas telah melepas 15 seri varietas Kapas Indonesia (Kanesia); enam diantaranya dilepas pada tahun 2006/2007 yaitu Kanesia 10, Kanesia 11, Kanesia 12, Kanesia 13, Kanesia 14, dan Kanesia 15. Kanesia 8 merupakan varietas unggul kapas yang telah digunakan dalam pengembangan kapas nasional dengan potensi produksi 1,85–2,73 ton kapas berbiji/ha dan persen serat 33,3–38,7%.

Dosen pembimbing yang mendampingi yaitu Lutfy Ditya Cahyanti, SP.MP, Alfu Laila,SP.M.Sc, Umi Isantin, Sp.MP

Berita terkait : KUNJUNGAN KE KEBUN PLASMA NUTFAH PISANG KELAS II YOGYAKARTA