Orientasi Pengenalan Program Studi Agroteknologi

Awal tahun ajaran baru Program Studi Agroteknologi diawali dengan orientasi pengenalan progaram studi. Panitia acara tersebut adalah Himpunan Mahasiswa Agroteknologi UNIDA (HIMAGROUND) Gontor. Peserta orientasi berjumlah 18 mahasiswa baru baik dari jalur reguler ataupun non-reguler.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2020-07-13-at-14.19.59-1-1024x768.jpeg
Pembukaan Orientasi mahasiswa baru

Orientasi merupakan pengantar dan pengenalan terkait kegiatan akademik maupun non-akademik yang ada di program studi. Seperti seseorang yang akan membaca buku, mahasiswa baru diperkanalkan dulu mengenai daftar isi setiap bab yang ada agar mereka tahu apa yang akan mereka lakukan kedepannya. Hal seperti ini sangat penting agar mahasiswa mampu merancang kegiatan mereka masing-masing sesuai minat dan bakatnya.

Sambutan Dari Sekeretaris Prodi Agroteknologi

Pembukaan Orientasi Program studi dilaksanakan pada 13 Juli 2020 bertempat di ruangan 313 gedung terpadu Universitas Darussalam gontor, yang dihadiri oleh jajaran Dosen Agroteknologi dan beberapa mahasiswa senior. Acara diawali dengan sambutan Ustadzah Mahmudah Hamawi., S.P.,M.P , selaku sekretaris prodi. Ustadzah Mahmudah menyampaikan perihal akademik seperti kurikulum program studi, mata kuliah, SKS, AKPAM dsb.

Pengenalan Kurikulum Baru Kepada mahasiswa oleh sekretaris prodi Agroteknologi

Termasuk didalamnya juga diperkenalkan mengenai tempat penelitian yaitu laboratorium dan lahan praktikum. Pengenalan terkait Laboratorium banyak dijelaskan oleh Laboran dengan penyampaian yang menarik dan mudah dipahami karena langsung dipraktikan ditempat. Kemudian untuk pengenalan lahan praktikum hanya disampaikan sepintas, karena kondisi pandemik yang mewajibkan mahasiswa untuk tidak melakukan kegiatan di luar kampus.

Pengenalan Alat -Alat Laboratorium
Pengenalan dasar dilaboratorium

Sehingga mahasiswa baru hanya bisa diajak untuk melihat kebun percobaan mini yang ada di belakang laboratorium. Beberapa materi yang disampaikan antara lain mengenai hidroponik, aquaponik, bioflok, tanaman hias, dan lain sebagainya. Antusiasme dari mahasiswa baru luar biasa. Besar harapan kita setelah orientasi ini mahasiswa baru lebih mengenal tentang program studi Agroteknologi. Dengan harapan bisa belajar secara maksimal dan terarah.

Pengenalan dan praktik dilahan mini Agroteknologi