Ospek Hari Kedua : Mengenal Laboratorium dan Lahan Praktikum

Pengenalan Lab

UNIDA Gontor – Setelah hari Rabu dilaksanakan pembukaan Ospek Program Studi Agroteknologi keesokan harinya (Kamis, 15/08) mahasiswa baru diajak untuk lebih mengenal Laboratorium dan Lahan Praktikum.

Pengenalan Lab Oleh Dosen
Pengenalan Lab Oleh Niken Trisaningrum, S.P., M.Sc.

Pengenalan Laboratorium dimulai dengan menjelaskan fungsi dari Lab. yang ada, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan beberapa alat dan bahan. Ustadzah Niken Trisnaningrum, S.P., M.Sc, menjelaskan kepada mahasiswa baru begitu jelas, dengan tujuan supaya mereka tidak bingung dengan macam-macam alat dan bahan ketika melaksanakan kegiatan praktikum.

Dimulai dari Lab. Dasar Biologi dan Ilmu Tanaman, Lab. Pemuliaan, sampai Lab. Terpadu. Ustadz Muhammad, S.P., M.P, juga menjelaskan beberapa alat di Lab. Terpadu dan fungsinya masing-masing.

Pengenalan Kegiatan di Laboratorium
Pengenalan Kegiatan di Laboratorium

Sesekali juga dijelaskan tentang kegiatan praktikum yang ada di Lab. dengan memeberi contohnya secara langsung. Seperti kegiatan praktikum kultur jaringan, isolasi jamur, dan lain sebagainya.

Sore harinya, mahasiswa baru diajak ke Lahan Praktikum. Pengenalan dimulai dengan memberi arahan tentang fungsi lahan praktikum, batas lahan praktikum yang dimiliki, kegiatan yang sedang berjalan di lahan, dan pemaparan beberapa teknolologi budidaya yang ada.

Pengenalan Lahan Praktikum
Pengenalan Lahan Praktikum

Diantara teknologi budidaya yang ada antara lain system pola tanamam lingkar berjajar pada jagung, budidaya lele system bioflok, budidaya ayam ras, budidaya jamur, budidaya bawang merah dan lain sebagainya.

Diskusi Ringan
Diskusi Ringan

Mahasiswa baru tampak antusias dengan penjelasan dari Ka Alfian, dan sempat beberapa kali terjadi diskusi hangat yang membangun suasana kunjungan lahan menjadi ilmiah. Pertanyaan demi pertanyaan di lontarkan secara lugasnya. Meskipun terlihat sederhana di pandang mata, namun pengetahuan mahasiswa baru masih sangat minim mengenai pertanian. Beberapa dari mereka berinisiatif untuk memulai menanam setelah kegaiatan ospek selesai.

Foto Bersama
Foto Bersama

Dengan adanya Ospek ini mahasiswa baru lebih paham dan mengenal tentang teknologi pertanian yang akan meraka pelajari kedepan. Himaground juga terus berusaha lebih baik lagi agar segala minat dan bakat bisa tersalurkan secara maksimal.