Perbaikan Kurikulum Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Program Studi

Kurikulum adalah komponen wajib yang harus dipenuhi untuk memastikan pembelajaran berlangsung dengan baik untuk kemudian menghasilkan lulusan yang tepat waktu dan berkualitas. Untuk memperbaiki kualitas kurikulum program studi, tim dosen program studi agroteknologi terus berusaha agar kurikulum yang telah berjalan dapat ditinjau untuk kemudian diperbaiki menuju arah yang lebih baik dan berkualitas. Setelah 5 tahun, kurikulum perlu ditinjau kembali dengan memperhatikan output atau lulusan yang dihasilkan. Perbaikan juga memerlukan masukkan dari pihak luar seperti pengguna lulusan, stake holder ataupun pihak-pihak yang berkompeten dalam penilaian suatu kurikulum.

Pada tanggal 2 Mei 2019, program studi Agroteknologi melakukan tahapan pertama review kurikulum dengan melakukan studi banding kurikulum di Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Studi banding diikuti oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Sekretaris Program Studi, Dosen dan laboran  program studi Agroteknologi Universitas Darussalam Gontor.  Rombongan diterima dengan baik oleh Ibu Nunun Barunawati, PhD. Selaku ketua program Studi Agroekoteknologi dan Prof. Kuswanto selaku Wakil Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Dari kegiatan studi banding yang lebih banyak diisi dengan diskusi  tersebut, program studi agroteknologi banyak mendapatkan masukkan mulai dari  perbaikan pada tujuan program studi, penyusunan dan pembobotan sks suatu mata kuliah, teknis magang ataupun PKL. Selain itu, juga diperoleh masukan-masukan agar mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu. Diharapkan setelah studi banding tersebut, bisa dilakukan perbaikan kurikulum untuk program studi Agroteknologi Universitas Darussalam Gontor.