IPTEKS bagi Masyarakat (IbM) di Pondok Modern Darussalam Gontor 3

IbM Pemberdayaan Santri Sebagai Upaya Penghijauan di Pondok Modern Darussalam Gontor yang dilaksanakan di PMDG 3 Kediri merupakan rangkaian kegiatan IbM Program Studi Agroteknologi yang mendapat dukungan penuh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPMM) Universitas Darussalam Gontor. Kegiatan yang dilaksanakan 2 hari pada tanggal 27 dan 28 Maret 2017 ini diikuti santri KMI dari kelas 1 sampai kelas 5 sebanyak 47 santri.

Sesi pertama peserta mendapatkan materi di ruangan. Sebelum materi, acara dimulai dengan perkenalan profil program studi agroteknologi meliputi visi, misi program studi agroteknologi dan juga profil kegiatan perkuliahan program studi Agroteknologi. Salah satu tujuan kegiatan IbM ini adalah untuk mewujudkan  misi Program Studi Agroteknologi yaitu melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian dalam mendukung pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture).

Materi pertama yang diberikan pada acara pelatihan adalah perbanyakan tanaman vegetatif buatan dengan grafting, mulai dari macam-macam grafting, alat dan bahan yang diperlukan untuk grafting, dan teknik grafting. Tanaman yang dijadikan sebagai bahan praktek adalah jambu madu deli, dimana semua peserta tampak antusias mengikuti acara pelatihan. Acara ini tidak hanya melibatkan dosen Agroteknologi akan tetapi juga melibatkan mahasiswa sebagai tim teknis. Materi kedua yang diberikan adalah tentang perawatan taman dan jenis-jenis tanaman hias yang bisa digunakan sebagai indoor plant.

Sesi kedua materi yang diberikan berupa aplikasi atau praktek langsung perbanyakan tanaman dengan grafting dan stek. Tanaman yang dipergunakan sebagai bahan grafting adalah jambu citra, kelengkeng dan grafting. Sedangkan bahan yang dipergunakan untuk stek adalah bunga soka, lidah mertua, brokoli kuning dan pucuk merah. Para peserta tampak antusias mengikuti praktek di lapangan secara langsung. Harapannya dengan semakin terampilnya santri untuk melaksanakan perbanyakan dapat membuka peluang usaha baru yaitu usaha pembibitan tanaman hias dan tanaman buah.