SISTEM BIOINFORMATIKA METABOLOMIK PADA TUMBUHAN

Tumbuhan merupakan makhluk hidup bersel yang terdiri dari genom yang beragam. Dari genom-genom ini, antara satu tumbuhan dan tumbuhan lainnya dapat dibedakan. Informasi terkait genom juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas pada tumbuhan. Pentingnya penerapan sistem informatika pada tumbuhan dipelajari melalui terapan studi bioinformatika dalam metabolomik tumbuhan.

Genom

Metabolomik merupakan studi yang menilai secara kualitatif metabolit dalam sistem biologi. Pada suatu metabolit sel akan berkaitan dengan genom. Genom merupakan semua informasi genetic dari suatu sel maupun organisme yang mana terbagi menjadi beberapa molekul asam nukleat yang berbeda. Perbedaaan pada genom inilah yang menunjukkan informasi berbeda pada setiap makhluk hidup bersel termasuk tumbuhan.

Saat ini urutan dari genom dipelajari lebih lanjut dengan teknologi sequence DNA yang mana informasi terkait urutan nukleutida dipetakan. Teknologi sequence DNA inilah yang menjadi pendekatan dalam pengumpulan data transkriptomik. Studi transkriptomik sangat bermanfaat bagi peneliti untuk memahami fungsi sel dan akan mengungkap aspek transkrip dari gen. Peneliti menggunakan teknologi sequence RNA (RNAseq) yang nantinya akan membuat teknik mutakhir dalam analisis transkrip RNA.

DNA digital, sequence, code structure with glow.

Sistem bioinformatika dalam penerapan untuk mempelajari tanaman dapat bermanfaat untuk mengatasi infeksi dari virus tanaman, hama, serangga, dan perlindungan tanaman transgenik. Pada suatu tanaman bioinformasi dapat menghasikan suatu informasi terkait family dari berbagai tanaman. Selain itu untuk membuat suatu tumbuhan dapat tubuh sesuai yang diinginkan, atau dengan memiliki kandungan serta produk yang baik sistem ini berperan dalam memewujudkannya.

By : Muti’ah Rabbaniyyah, S.Farm (Prodi Farmasi Unida Gontor)