Sistem Penjaminan Internal dan Audit Mutu Internal Sebagai Upaya Peningkatan Kualitias Perguruan Tinggi

Pada tanggal 17-20 Juni 2019, Ketua program studi dan sekretaris program studi Agroteknologi mengikuti pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Hall Hotel Unida Inn,  Universitas Darussalam Gontor. Acara pelatihan tersebut diselenggarakan oleh kantor jaminan mutu Universitas Gadjah Mada dan bekerjasama dengan Universitas Darussalam Gontor dan Universitas Muhammadiyah Gresik, dengan 17 peserta dari Unida Gontor dan 17 peserta dari Unmuh Gresik.

Acara pelatihan dibuka oleh rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, MA. Pada tanggal 17-18 Juni 2019, pelatihan seputar SPMI diberikan oleh Dr Eko Hanudin yang menekankan bahwa kebijakan SPMI diperlukan untuk menjelaskan kepada para pemangku kepentingan tentang SPMI pada suatu universitas, dasar manual mutu serta membuktikan bahwa SPMI pada suatu universitas terdokumentasikan dengan baik. Dokumen SPMI diperlukan  untuk mencatat atau merekam informasi tertentu sebagai bagian tak terpisahkan dari standar mutu dan manual mutu. Materi yang diberikan selama pelatihan SPMI diantaranya kebijakan nasional SPM Dikti dan SPMI, jenis-jenis dokumen akademk, penyusunan dan presentasi Dokumen Akademik, penyusunan dokumen mutu dan dokumen pendukung borang.

Sedangkan materi Pelatihan Auditor Mutu Internal pada tanggal 19 dan 20 Juni 2019 diberikan oleh Dr. Sajarwa. Dr Sajarwa menekankan bahwa Audit Mutu Internal bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan sistem di suatu universitas dalam memenuhi persyaratan peraturan/ perundangan dan persyaratan lain yang relevan dan yang terpenting adalah mengidentifikasi peluang perbaikan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi. Adapun materi yang diberikan pada pelatihan Auditor Mutu Internal diantaranya Peristilahan Audit Mutu Internal, teknik pelaksanaan audit dan simulasi audit.