STUDI BANDING DI LABORATORIUM FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Kamis, 14 Maret 2019 Prodi Agroteknologi UNIDA Gontor melaksanakan kunjungan ke Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kunjungan dalam rangka studi banding tersebut diikuti oleh Kaprodi Agroteknologi Bapak Use Etica, SP, MMA, dosen Agroteknologi Ibu Umi Isnatin, SP, MP, serta tendik Agroteknologi Ibu Ratna Sari, SP dan Hanifa Muslima, STP. Rombongan disambut oleh Kepala Laboratorium beserta Laboran Fakultas Pertanian UNS.

Kunjungan pertama yaitu ke Laboratorium Prodi Ilmu Tanah. Terdapat beberapa laboratorium yang ada, antara lain Laboratorium Fisika dan Konservasi Tanah, Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah, Laboratorium Biologi dan Bioteknologi, serta Laboratorium Pedologi dan Survey Tanah. Di laboratorium tersebut diperkenalkan beberapa alat seperti tanur, oven, inkubator, LAF (Laminar Air Flow), destilasi, shaker, dan centrifuge.

Kunjungan kedua ke Laboratorium Kultur Jaringan Prodi Agroteknologi UNS. Laboratorium Kultur Jaringan memiliki dua ruangan utama yaitu ruang penanaman dan ruang isolasi. Tanaman yang telah dikembangkan di laboratorium tersebut diantaranya kaktus apel, sansivera, kantong semar, nanas, anggrek, jati, pisang, nilam, dan sawo. Dengan mengadakan kunjungan seperti ini sangat bermanfaat untuk peningkatan mutu SDM bagi dosen maupun tendik