Asap Menurunkan Serangan Hama Gudang

Pemateri dalam International Conference of BiomassAsap adalah hal yang hampir semua orang dengan berbagai umur mengetahui, baik dalam kadar yang rendah maupun  yang tinggi. Namun orang jarang tahu bahwa asap adalah hal yang menarik dan bisa mendatangkan kemanfaatan bagi kehidupan manusia khususnya dalam pertanian. Asap khususnya dari bahan alam yang tersedia berlimpah mampu memberikan pengaruh yang baik dalam pengendalian hama dan penyakit.  Hal itulah yang dirasakan oleh Ustadz Haris Setyaningrum M.Sc dengan timnya. Asap yang mulanya adalah hal yang tidak menyenangkan menjadi hal yang bermanfaat.

Pada tanggal 1- 2 Agustus 2018 yang lalu, beliau dan tim nya berkesempatan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka tentang asap untuk pemanfaatan dalam pengendalian hama kumbang jagung (Sitophilus maize) atau sering disebut dengan kapang. Hasil penelitian beliau menunjukkan bahwa dengan pengasapan mampu menurunkan jumlah populasi kapang dalam penyimpanan. Hal ini menunjukkan bahwa asap bisa digunakan dalam penyimpanan jagung dengan berbagai macam tujuan, baik untuk benih ataupun untuk gudang stok.

Sesuai dengan tagline tempat kerjanya ” the fountains of agricultural wisdom”, diharapkan bahwa penelitian beliau ini bisa di adopsi oleh masyarakat dalam pengendalian hama gudang. Hama yang selama ini menjadi momok para petani atau pedagang yang bergerak di bidang jagung. Sebagaimana diketahui jagung adalah salah satu komiditas pertanian yang menjadi andalan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

Penelitian beliau dan tim insyaAllah dalam waktu dekat akan diterbitkan di IOP Science (IOP Conference Series: Earth and Environmental Science).  Penerbitan artikel ini sebagai cara untuk memberikan manfaat luas pada masyarakat, tidak hanya loka namun internasional sehingga berdampak global.