GENERAL LECTURE WORLD CLASS UNIVERSITY PROGRAM

Program doktoral Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) mengadakan General Lecture. kali ini yang memberikan materi adalah Prof. Dr. Hiroyuki KOYOMA dari Gifu University JAPAN. Kata sambutan dari UNS langsung disampaikan oleh Pro. Dr. Ir. Samanhudi, SP., MSi., IPM., ASEAN Eng sebagai Dekan Fakultas Pertanian UNS, sedangkan sambutan dari UNIDA Gontor disampaikan oleh Haris Setyaningrum, S.Si., MSc. sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Inti dari sambutan kedua dekan tersebut adalah melanjutkan berbagai kerjasama antara tiga Universitas yaitu Gifu University, UNS dan Unida Gontor.

Foto Zoom General Lecture

General Lecture dibuka oleh Dr. Andriana Setyawati dari UNS kemudian acara dipandu oleh moderator yaitu Niken Trisnaningrum, SP., MSi dari Unida gontor. Diskusi terjadi Ketika moderator membuka sesi pertanyaan, banyak peserta yang antusias dalam mengikuti diskusi tersebut, walaupun materi yang didiskusikan cukup berat dan spesifik yaitu dengan tema TOP1 Regulator Mechanism; A master transcription factor for stress tolerance of higher plant. Perlu diketahui peserta dari acara ini adalah mahasiswa Doktoral UNS dan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi dari Unida gontor serta dosen baik dari Unida gontor ataupun UNS.

Kesimpulan dari diskusi dan General lecture disampaikan oleh Moderator yaitu STOP1 influences the expression of ALMT1 gene, that control the traits of Aluminum tolerance, proton transport, potassium and nitrogen transport, and also enhance plant immune respond. STOP1 also influences the expression of  CIPK23 protein, that control the the traits of salt tolerance and drought tolerance. STOP1 have positive impacts to salt tolerance, but it has negative impacts to drought tolerance. Even the STOP1 effect many tolerance genes, the expression of STOP1 differ in several plants. Therefore, we still must study how plants control the expression of STOP1. Kemudian acara General Lecture di tutup.