Jenis Jenis Kurma, Ajwa Madinah (Bagian Pertama)

Oleh: Haris Setyaningrum M.Sc*

Bulan Ramadhan sebentar lagi menyapa kita. Tak terasa keindahan ramadhan akan kita rasakan pula. Bulan ramadhan juga identik dengan bulan kurma. Pada bulan ramadhan masyarakat tidak hanya Indonesia, bahkan muslim dunia menyantap kurma sebagai pembuka puasa wajibnya. Selain itu nampaknya kurma juga menjadi andalan produk yang layak jual pada berbagai jenis pasar, tidak hanya pasar tradisional tapi juga pasar modern yang menyediakannya.

Pada kesempatan ini redaksi akan mencoba membedah satu persatu kurma yang banyak dikenal oleh masyarakat muslim. Pengenalan ini menjadi penting, karena kurma adalah salah satu bagian gaya hidup (life style) seorang muslim. Di dunia telah dikenal berbagai macam jenis kurma, dengan berbagai macam ukuran, warna dan variasi rasa. Dari berbagai jenis kurma tersebut, kurma Ajwa Madinah lah yang paling istimewa. Keistimewaan ini karena kurma Ajwa Madinah disebut secara spesifik dalam Hadits Nabawi sehingga ini menempati ruang khusus di hati setiap muslim. Kurma ini juga menjadi andalan oleh oleh Haji dan Umroh seorang muslim,” tak sah rasanya” kalo ke tanah suci belum mencicipi dan membawa oleh oleh kurma Ajwa.

Kurma Ajwa dalam berbagai kitab Turots (klasik) sering disebut sebagai Raja kurma ( The King of Dates Palm) karena unsur histori dan religi yang melekat padanya. Terkadang kurma ini juga sering disebut Ummu Tamar (The Mother of Dates Palms). Kurma Ajwa dikhususkan pada Kurma Ajwa yang tumbuh di Madinah, sehingga sering disebut Kurma Ajwa Madinah. Kekhususan tumbuh di Madinah inilah yang membuat kurma ini menjadi sangat istimewa.

Jenis Jenis Kurma di Dunia

Kurma Ajwa memiliki ciri buah pada fase Tamr (masak) yang berwarna hitam pekat menyala, dengan berbagai variasi hitam. Bentuk membulat dan memiliki ujung bawah yang tumpul. Kurma ini secara umum bisa dan mudah dibedakan dengan jenis kurma yang lain berdasarkan warna dan bentuk di atas, untuk rasa terkadang berbagai daerah asal dan waktu panen memberikan rasa yang bervariasi tingkat kemanisannya. Perbandingan berbagai jenis kurma pada fase Masak (Tamr) sangat menentukan jenis yang mau di cari. Karena warna dan bentuk bisa sangat berbeda satu sama lain.

Artikel Terkait : Jenis Jenis Kurma, Ajwa Madinah (Bagian Kedua)

  • *Penulis adalah Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, UNIDA Gontor dan Lulusan Plant Protection, King Saud University, Riyadh, Kingdom of Saudi Arabia