Jenis Jenis Kurma, Ajwa Madinah (Bagian Kedua)

Oleh : Haris Setyaningrum M.Sc*

Kurma ajwa (Phoenix dactylifera L) sebagaimana kurma jenis lain memiliki 4 tahap  buah yaitu :  Khalal, Bisr, Rutob, Tamr.

  1. Fase Khalal

Fase ini adalah fase dimana disebut sebagai fase awal buah kurma. Pada fase ini buah berwarna hijau muda atau merah muda dan sering sekali muncul rasa pahit jika dicicipi. Rasa pahit ini disebabbkan oleh adanya kandungan tannin dalam fase ini. Selain itu pada fase ini ukuran buah masih kecil dan terkadang juga menjadi fase rawan, karena pada fase ini adanya stressing lingkungan yang tidak mendukung mengakibatkan buah dalam tangkai gugur.

  1. Fase Bisr

Fase ini ditandai dengan perubahan kulit buah menjadi kemerahan atau pada jenis lain terkadang kuning.  Pada fase ini sudah mulai terbentuk gula sehingga menimbulkan rasa manis, namun kandungan tannin yang masih ada juga menyebabkan buah sedikit memiliki rasa pahit.

  1. Fase Rutab

Rutab dalam bahasa arab memiliki kesamaan makna dengan (Ar rutubah/ رطوبة) yang berarti berair atau lembab. Hal ini dimungkinkan karena pada fase ini buah memiliki kandungan air yang  cukup tinggi sehingga kalo dipegang terasa basah dan lengket. Pada fase ini buah mengalami pemasakan dari ujung buah kearah pangkal buah. Rasa manis sudah sangat dominan dan rasa pahit sudah hilang yang menandakan tanin sudah tidak ada atau terpecah pada fase ini. Rutab ini banyak digemari oleh banyak orang karena fase ini kulit buat terasa sangat lembut dan sangat cocok untuk menu pembuka puasa.

  1. Fase Tamr
Fase Buah Tamr

Fase ini adalah fase buah yang sudah matang, untuk buah kurma ajwa ditandakan dengan tanda warna hitam pekat. Kadar air sudah mulai menurun dan terkadang jika terlambat petik buah sudah menjadi berkerut sebagai tanda berkurangnya air. Pada fase ini kurma ajwa biasanya jarang sekali terjadi pembusukan. Berbeda dengan buah buahan tropis lain yang biasanya ketika  masak dan lambat dipetik, buah menjadi busuk. Jarang terjadinya pembusukan ini dimunkinkan karena kandungan  gula yang cukup tinggi pada buah kurma sehingga kurma terawetkan secara alami.

*Penulis adalah Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, UNIDA Gontor dan Lulusan Plant Protection, King Saud University, Riyadh, Kingdom of Saudi Arabia

Artikel Terkait : Jenis Jenis Kurma, Ajwa Madinah (Bagian Pertama)