ORIENTASI PERKENALAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI DI KAMPUS PUTRI MANTINGAN

AGROTEK UNIDA – Orientasi perkenalan (Ospek) fakultas sains dan teknologi di kampus putri dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Juni 2021 bertempat di gedung Aisyah. Acara ini dihadiri oleh dosen, Tenaga pendidik dan mahasiswi Program Studi Agroteknologi dan Teknik Informatika. Ospek fakultas sains dan teknologi merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru. Salah satu alasan diadakannya ospek  fakultas ini adalah memperkenalkan dan memantapkan mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) untuk menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana di Universitas Darussalam Gontor.

Sambutan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Ustadz Haris Setyaningrum, S.Si, M.Sc. Dalam sambutan beliau menjelaskan bahwa perubahan teknologi sekarang sangat cepat. Sebagai generasi muda harus dapat mengikuti perubahan yang sangat begitu cepat.

Acara selanjutnya adalah materi Ospek yang disampaikan oleh Ustadzah Devi Urianty Miftahul Rohmah, S.TP., M.P dengan tema “Motivasi Menjadi Muslimah Cerdas Sesuai Visi Misi Unida Gontor”. Dalam penyampaian tersebut agar seorang muslimah dapat mengembangkan dirinya harus memiliki passion dan tujuan untuk masa depan. Belajar hardskill dan softkill juga sangat penting untuk memperkaya keahlian seorang muslimah, terutama dibidang yang mereka tekuni. Untuk berkembang seorang muslimah juga harus memiliki teman, organisasi dan prinsip hidup untuk mendukung perkembangan mereka. Untuk prinsip utama seorang muslimah adalah prinsip yang mereka dapatkan dari agama Islam.

Selanjutnya penyampaian materi yang ketiga disampaikan oleh Al-Ustadz Faisal Reza Pradana, S. Kom., M. Kom. Beliau menyampaikan bahwa untuk kedepan nya persaingan dalam memperoleh dunia kerja semakin kompetitif dan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh lulusan UNIDA gontor adalah sikap loyalitas dimanapun mereka nanti mengabdi.

Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP)

Kegiatan Selanjutnya dalam Ospek fakultas ini adalah Pelantikan Pengurus baru HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) dan HIMAGROUND (Himpunan Mahasiswa Agroteknologi). Pelantikan ini dipandu oleh Al-Ustadz Haris Setyaningrum, S.Si, M.Sc untuk pembacaan janji dan Ikrar pengurus. Ospek Fakultas Sains dan Teknologi secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Al-Ustadz Muhammad, S.P., M.P.

Kelanjutan dari Orientasi perkenalan Fakultas sains dan Teknologi di kampus putri adalah Orientasi Pengenalan Program Studi yang ada pada fakultas SAINTEK. Orientasi ini dilakukan oleh program studi Teknik Informatika dan Agroteknologi. Orientasi pengenalan program studi Agroteknologi dilaksanakan pada siang hari setelah Ospek fakultas. Acara dilakukan di ruang kelas yang telah disediakan oleh panitia di gedung Aisyah. Kepala Program Studi Agroteknologi, Al-Ustadz Use Etica mengawali kegiatan ini dengan memaparkan secara umum Visi dan Misi Program Studi Agroteknologi.

Penyampaian Kurikulum Prodi Angoteknologi

Materi utama orientasi ini dibawakan oleh Ustadzah Mahmudah Hamawi,S.P., M.P dengan menjelaskan kurikulum Program Studi Agroteknologi dan prospek luaran dari pada Prodi Agroteknologi.

Kurikulum baru yang telah disusun memungkinkan mahasiswa dan mahasiswi untuk dapat lulus dengan lama studi 3,5 tahun. Lama studi ini dapat ditempuh oleh mahasiswi jika memenuhi SKS yang telah ditetapkan di setiap semester. Selain itu, pada semester tujuh telah terjadi pengurangan mata kuliah, sehingga mahasiswa/mahasiswi dapat fokus untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapang dan Skripsi mereka.

Untuk materi selanjutnya disampaikan oleh Ustadzah Niken Trisnaningrum untuk menyampaikan GATC (Gontor Agrotech Training Center) yang merupakan program Kewirausahaan yang didanai oleh DIKTI. Dari hasil pemaparan, banyak dari mahasiswi yang tertarik untuk mengikuti Program ini. Ospek prodi Agroteknologi ini selesai pada sore hari dan diakhiri dengan perfotoan bersama.

Penulis : Tim Web Agrotek