PERKEMBANGAN WISATA SAWAH LUNGGUH DI DESA BARENG PUDAK PONOROGO

AGROTEK UNIDA GONTOR – Prodi Agroteknologi diciptakan untuk menjadi garda terdepan dalam pengembangan pertanian Indonesia. Pertanian sebagai salah satu kekuatan yang ada di suatu negara perlu pengembangan di masyarakat. Pada saat ini pengembangan daerah fokus dalam pengembangan desa di pelosok Indonesia. Potensi yang paling besar di desa adalah lahan yang luas dan indah di pandang. Salah satu contoh adalah desa bareng yang mempunyai lahan yang subur, air melimpah keadaan alam yang sejuk mempesona hati bagi siapapun yang lewat.

Musyawarah bersama Kepala Desa, Sekretaris Kecamatan, Dinas Pertanian dengan tim Dosen Unida Gontor

Potensi Desa Bareng yang banyak menjadi perhatian pihak Kecamatan dan Kepala Desa Bareng dalam mengembangkannya. Salah satu pengembangan potensi desa adalah wisata pertanian yang di konsep dalam pertanian terpadu. Wisata Desa Barang dikenal dengan WSL (Wisata Sawah Lungguh). Selama perjalan WSL, Kepala Desa berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan-nya, salah satu usahanya adalah meminta bantuan pendampingan ke pihak-pihak yang kompeten dalam pengembangan wisata pertanian dalam hal ini pada pihak Universitas ataupun ke Konsultan. Harapan demi harapan tidak pernah datang, yang datang hanya pihak konsultan yang menawarkan bantuan dengan biaya yang relative mahal.

Musyawarah bersama, Pokdarwis dengan tim Dosen Unida Gontor

Usaha tidak akan menghianati hasil, kata-kata ini mungkin yang cocok untuk di sematkan kepada Kepala Desa bareng. Suatu saat Desa Bareng mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik yang trainernya kebetulan adalah salah satu Dosen Agroteknologi Universitas Darussalam Gontor yaitu Dr. Parwi, Setelah acara selesai, harapan kepala Desa yang tidak pernah kunjung datang di sampaikanlah kepada Dr. Parwi, kemudian, permasalahan tersebut disampaikan di rapat Prodi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor yang dipimpin oleh Bapak Use Etica, S.P., M.MA.

Pelatihan tata kelola Wisata Sawah Lungguh oleh Tim Dosen Unida Gontor

Setahun kedepan Prodi Agroteknologi memutuskan akan mengadakan pendampingan untuk pengembangan wisata sawah lungguh di Desa Bareng Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo, dan Desa ini akan menjadi Desa binaan Prodi Agroteknologi dimulai sejak tanggal 8 Juli 2021.

Adapun kegiatan yang sudah di lakukan oleh tim Dosen Unida Gontor adalah pendampingan tata Kelola WSL, pendampingan pengelolaan buah dan sayuran, dan yang terbaru pendampingan pengelolaan tanaman bunga. Selanjutnya akan dilakukan pendampingan wisata turunan yaitu wisata petik buah dan wisata edukasi tanaman bunga serta turunan dari agrowisata lainnya.

Penulis : Tim Web Agrotek