Prodi Agroteknologi Studi Banding ke Universitas Muhammadiyah Jogjakarta

Dalam rangka mempersiapkan Akreditasi, Program studi Agroteknologi mengadakan studi banding di Universitas Muhammadiyah Jogjakarta (UMY) pada hari Rabu, tanggal 23 Maret 2016. Tim dosen Agroteknologi yang diwakili oleh Ust Use Etica, SP. MMA., Ust Harys Setyaningrum, S.Si. M.Sc , Ust. Muhammad, SP. MP , Ustz Mahmudah Hamawi, SP. MP., Ustz Alfu Laila, SP. MP dan Ustz Lutfy Ditya Cahyanti, SP. MP.

Kehadiran tim dosen agroteknologi diterima dengan baik oleh Ketua Program Studi Agroteknologi, Ibu Dr. Innaka Ageng Rineksane, MP., Ketua Laboratorium Ir. Haryono, MP., dan Ibu Ir. Agung Astuti, Msi. pimpinan Agriculture Trainning Centre (ATC) UMY serta beberapa dosen dan pimpinan biro  yang bertindak sebagai tim akreditasi Program Studi Agroteknologi UMY.

Pertemuan yang diadakan di ruang rapat dekanat Fakultas Pertanian UMY tersebut dimulai dengan penyambutan dari tim dosen Agroteknologi UMY kepada tim dosen Agroteknologi UNIDA Gontor kemudian diikuti perkenalan dari kedua belah pihak. Acara berikutnya diadakan sosialisasi visi, misi dan profil Program Studi Agroteknologi UMY. Diskusi terus berlanjut dengan tim dosen agroteknologi Agroteknologi memaparkan bagaimana cara mempersiapkan akreditasi program studi. Tim dosen Agroteknologi UNIDA Gontor dengan aktif menanyakan banyak hal seputar akreditasi, mulai dari standar 1, yang berhubungan dengan visi misi, bagaimana cara yang dilakukan untuk mensosialisasikan visi dan misi program studi, kemudian berhubungan dengan standar 2, menanyakan tentang sistem pengolaan dan adminsitrasi program studi. Sehubungan dengan standar 3, didiskusikan mengenai kegiatan mahasiswa dan metode promosi untuk menjaring mahasiswa, standar 4 berhubungan dengan sumber daya manusia, standar 5 berhubungan dengan kegiatan akademik dan susunan kurikulum. Kemudian berkaitan dengan standar 6 ditanyakan mengenai kelengkapan sarana prasarana dan standar 7 didiskusikan mengenai pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat dosen di Program Studi Agroteknologi.

Setelah puas berdiskusi, kegiatan studi banding dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang dosen,  ruang kelas, laboratorium, ruang referensi , ruang ATC  dan arsip Akreditasi. Di ruang ATC yang berdampingan dengan ruang arsip akreditasi, diskusi dilanjutkan mengenai manajemen dan pengelolaan ATC, penyusunan kurikulum dan mengenai penataan dan pengarsipan dokumen borang akreditasi.

Berita Terkait : STUDI BANDING DI LABORATORIUM FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET