Prodi Agroteknologi Studi Banding Ke Universitas Tribuwana Tungga Dewi

Persiapan menuju akreditasi terus dilakukan oleh progam studi Agroteknologi UNIDA Gontor. Studi banding dilakukan menuju program studi Agroteknologi terakreditasi A, salah satunya adalah Program Studi Agroteknologi Universitas Tribuwana Tungga Dewi, Malang yang dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret 2016. Studi banding di UNITRI ini diikuti tim dosen Agroteknologi yang diwakili oleh Ust Use Etica, SP. MMA., Ust Ir. Widodo, Ust. Muhammad, SP. MP , Ustz  Ratna Sari, SP., Ustz Alfu Laila, SP. MP dan Ustz Lutfy Ditya Cahyanti, SP. MP.

Pertemuan antara tim dosen program studi Agroteknologi UNIDA Gontor diadakan di ruang rapat Rektorat Universitas Tribuwana Tungga DewI, setelah sebelumnya disambut oleh dekan Fakultas Pertanian dan Ketua Program Studi Agroteknologi Universitas Tribuwana Tungga Dewi (UNITRI).

Acara diskusi yang dimoderatori dekan Fakultas Pertanian UNITRI dimulai dengan pemaparan visi dan misi oleh Ketua Program Studi Agroteknologi UNITRI dan pemaran profil oleh staf dosen Agroteknologi UNITRI, Reza Prakoso D. J, SP., MP. Diskusi yang berlangsung kurang lebih 3 jam  membahas tentang standar akreditasi program studi dari standar 1 sampai standar 7. Dari Standar 1 dibahas bagaimana mensosialisasikan dan mewujudkan visi misi program studi Agroteknologi UNITRI yang berbasis kerakyatan. Kemudian dibahas tentaang struktur organisasi serta tugas pokok dan fungsi biro-biro yang ada di program studi Agroteknologi UNITRI. Untuk standar 3 banyak dibahas berkaitan dengan aktivitas mahasiswa, beasiswa yang diperoleh mahasiswa dan profil lulusan agroteknologi UNITRI. Standar 4 banyak ditanyakan mengenai rasio dosen, kemudian tentang pengurusan jabatan fungsional kemudian untuk standar 5 banyak dibahas mengenai penyusunan kurikulum, evaluasi kurikulum dan evaluasi kepuasan akademik. Mengenai standar 6, dibahas tentang bagaimana cara memenuhi sarana dan prasarana program studi kemudian standar 7 dibahas bagaimana aktivitas penelitian , publikasi dan pengabdian masyarakat dosen agroteknologi.

Studi banding ditutup dengan kunjungan ke laboratorium Bioteknologi bersama Prof. Adisarwanto, MS. Diskusi dilanjutkan bersama prof. Titis Adisarwanto, MS berkaitan dengan kegiatan penelitian mahasiswa dilaboratorium, kemudian kegiatan praktikum dan aktivitas yang berhubungan laboratorium Bioteknologi. Setelah itu diskusi dilanjutkan di laboratorium Biologi dan Laboratorium Pengolahan Hasil.

Berita Terkait : Prodi Agroteknologi Siap Melakukan Visitasi Akreditasi