Peningkatan Kualitas Website di Mesin Pencari Dengan Penggunaan SEO

SEO Logo

SEO Website – Salah satu tujuan dari pembuatan website adalah memberikan informasi kepada para pengunjung dengan cara menarik sebanyak mungkin pengunjung untuk membaca konten dari website. Dalam rangka meningkatkan kuantitas pengunjung website program studi agroteknologi, dosen Agroteknologi berpartisipasi dalam pelatihan website yang dilaksanakan di Hall Hotel Unida Inn pada tanggal 10-11 April 2019. Salah satu yang menjadi pokok bahasan adalah SEO atau SEO (Search Engine Optimization).

Pentingnya SEO Untuk Website

Untuk mendatangkan pengunjung pada website, diperlukan bantuan dengan mesin pencari. Untuk memunculkan website pada mesin pencarian, diperlukan usaha agar website tersebut mendapatkan peringkat terbaik pada search engine. Salah satunya adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization).  Dengan adanya SEO, website akan menuju lebih baik untuk kata kunci yang diingin di search engine. Baik dari segi konten, struktur navigasi, kepuasan pengguna sampai dengan popularitas. Adapun ada beberapa point yang sangat penting untuk menguasai SEO, yaitu optimasi laman website, kata kunci. Kemudian, menganalisa kompetitor, memaksimalkan konten, membangun popularitas, link dan reputasi sampai audit performa SEO.

OPTIMASI WEBSITE

Optimasi di dalam website dapat dilakukan dengam On-page SEO. Dengan adanya On-page SEO, search engine akan mengetahui apakah konten website sesuai atau tidak dengan kebutuhan user. Inti dari on-page SEOO adalah agar webisite bermanfaat bagi pengunjung, memudahkan pengunjung melakukan eksplorasi, pengunjung nyaman dengan website, dan terakhir agar pengunjung mengerti dengan struktur website.Untuk menarik banyak pengunjung, banyak hal yang harus diperhatikan.

Akan tetapi, yang menjadi indicator utama adalah konten. Beberapa ciri konten yang berkualitas adalah memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung, lebih menonjol dibanding konten sejenis, dibaca oleh pengunjung dalam waktu yang lama, membuat pengunjunjung terkesan dan memmbantu pengunjung menyelasaikan permaasalahannya.

Adapun untuk bisa masuk ke dalam mesin pencarian, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pengelola website. Yang harus dihindari yaitu konten yang tidak bermutu, tidak member manfaat, hasil plagiasi dan membuat pembaca kebiingungan dengan isi konten.  Tidak kalah penting dari konten, adalah keyword, karena dengan memberikan keyword yang sesuai, website akan mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencarian. Selain konten dan keyword, faktor lain yang akan menaikkan  peringkat di mesin pencarian adalah judul yang menarik. Ditambkan dengan URL yang singkat dan informatif, adanya meta description dan tentu saja kualitas gambar. Tidak kalah penting dalam upaya menaikkan peringkat di mesin pencarian adalah  menuju link ke website lain agar website dipercaya, internal link navigasi dan adanya re share ke social media untuk menaikkan branding dan meningkatkan kepuasan pengunjung.

Bagian terpenting dari SEO adalah content marketing., yaitu usaha marketing dengan menyediakan konten bermanfaat untuk orang lain. Content marketer membutuhkan pengetahuan SEO supaya konten tersebut bisa mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari. Karena google sebagai salah satu search engine adalah sumber traffic yang paling besar. Ada beberapa peraturan konten yang harus diperhatikan, yaitu selalu utamakan kualitas konten dan perhatikan keyword.