Dosen Agrotek Menjadi Penyaji Terbaik Program Kemitraan Masyarakat

Salah satu tugas Dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdaian masyarakat tidak terlepas dari kegiatan ilmiah, sehingga pelaksanaanya harus dapat dipertanggungjawabkan keilmuannya. Seminar hasil pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Mono Tahun yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Penguatan Risbang Kementrian Ristek Dikti pada tanggal 14 – 15 Februari 2019 sebagai pertanggungjawaban penerima hibah pada tahun 2018.

Dosen Agroteknologi UNIDA Gontor menerima hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemenristekdikti pendanaan tahun 2018. Ustadzah Mahmudah Hamawi Bersama Ustadzah Niken Trisnaningrum dan ustadzah Alfu Laila bekerjasama dengan kelompok tani Bumi Karso desa Jabung, Kecamatan Mlarak dan kelompok tani Unggul Makmur desa Demangan, Kecamatan Siman untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan seminar hasil pada tanggal 14-15 Fabruari 2019 di Hotel Savan Malang. Peserta seminar terdiri dari 205 team pelaksana program PPM mono tahun 2018. Kegiatan presentasi dilaksanakan dalam 10 kelompok siding. Team dosen Agroteknologi tergabung pada kelompok 6, memperesntasikan hasil kegiatan pelaksanaan pengomposan jerami secara insitu, pembuatan arang sekam dan pembuatan briket arang sekam.

Pengomposan jerami padi secara insitu mempermudah petani dalam melaksanakan pengomposan jerami dan mendapatkan pupuk organik. Hasil pengomposan jerami padi digunakan petani untuk menutup lubang tanam jagung dan kedelai. Arang sekam dan briket arang sekam sebagian digunakan sendiri dan dijual. Kegiatan pengabdian ini meningkatkan kesadaran petani melakukan pengomposan jerami untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan menghentikan siklus hama penyakit tanaman serta mendapatkan pupuk organik untuk lahan sawah. Kegiatan pengabdian memberikan ketrampilan petani membuat arang sekam dan briket arang sekam untuk memanfaatkan limbah sekam padi menjadi lebih bermanfaat.Presentasi dilaksanakan secara oral dan poster. Produk – produk hasil kegiatan pengabdian masyarakat dipamerkan pada saat presentasi hal kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan seminar hasil diadakan penilaian terhadap penyajian karya ilmiah dan gelar poster. Parameter penilaian penyajian karya ilmiah antara lain : kualitas krya ilmiah, substansi iptek, dan manfaat bagi mitra pengabdian. Parameter penilaian gelar poster antara lain : manarik perhatian, mudah dibaca, informatif, estetika, kerapian dan konstruksi. Pada penilaian Gelar Poster, team dosen Agroteknologi mendapatkan penilaian poster terbaik di kelompok 6.

Berita Terkait : Dosen Agroteknologi UNIDA Gontor lolos pendanaan hibah RISTEKDIKTI