WORKSHOP PENGISIAN SISTER PRODI AGROTEKNOLOGI

Prodi Agroteknologi mengadakan acara Workshop Pengisian Sister LLDIKTI, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menggunakan SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi). SISTER ini merupakan aplikasi yang nantinya akan digunakan menjadi sumber sistem yang berisi portofolio para tenaga pendidik di Indonesia.

Aplikasi Sister memungkinkan setiap layanan saling terhubung sehingga akses portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terlihat yang akhirnya mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir pada dosen yang bersangkutan.

Sister sekarang selain untuk digunakan layanan serdos (sertifikasi dosen) juga digunakan sebagai layanan BKD (Beban Kinerja Dosen) sejak mulai bulan September 2021. Sekedar untuk pemberitahuan bagi dosen yang sudah ter sertifikasi tapi tidak bisa menggunakan Sister dengan baik, maka tunjangan serdosnya tidak akan keluar.

Pelatihan Pengisian SISTER

Dengan latar belakang diatas Prodi Agroteknologi mengundang Kepala PPTIK (Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi) yaitu Bapak Oddy Virgantara Putra, M.T. untuk memberikan materi tentang Sister.

Workshop dimulai dengan materi yang sederhana yaitu pengisian profil dosen, kualifikasi Pendidikan, dan kompetensi dosen. Selanjutnya pengisian pelaksanaan Pendidikan dari pengajaran sampai tugas tambahan. Pengisian pelaksanaan penelitian dimulai dari penelitian sampai paten/HKI. Pengisian pelaksanaan pengabdian dimulai dari pengabdian sampai jabatan struktural. Terakhir pengisian penunjang dimulai dari anggota profesi sampai dengan penunjang lain. Workshop berjalan dengan santai tetapi serius. Acara ini menargetkan semua dosen Agroteknologi sudah mengisi seluruhnya point-paint yang ada di aplikasi Sister.

Materi workshop terakhir adalah pengisian layanan BKD. Rekap kegiatan per semester diisi dengan cara menarik kinerja dari portofolio yaitu biodata, pelaksanaan Pendidikan, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan pengabdian, pelaksanaan penunjang, kewajiban khusus dan terakhir kesimpulan. Kesimpulan pada ssstem Sister akan terkonfermasi apakah BKD dosen tertentu memenuhi perundang-undangan. Acara workshop diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri.